Search for collections on Undip Repository

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Penjamaah Makanan di Aerofood Aerowisata Catering Services (ACS) Jakarta

Edeline Prajualita, Chika and Widyastuti, Nurmasari and Rahadiyanti, Ayu and Adi Murbawani, Etisa Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Penjamaah Makanan di Aerofood Aerowisata Catering Services (ACS) Jakarta. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Chika Edeline.pdf

Download (289kB)

Abstract

Latar belakang: Faktor hygiene penjamah makanan (personal hygiene) merupakan kunci kebersihan dalam pengelolaan makanan yang aman dan sehat. Salah satu perilaku hygiene penjamah yang perlu diperhatikan adalah selalu menggunakan APD.
Tujuan: Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepatuhan karyawan atas penggunaan APD di Aerofood (ACS) Jakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Data usia, masa kerja, Jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan, sikap, ketersediaan APD, kepatuhan penggunaan APD diperoleh melalui kuesioner dengan total subjek 56 penjamah makanan di Aerofood (ACS) Jakarta. Analisis data menggunakan uji chi-square dan Fisher's Exact. Analisis bivariat untuk mengidentifikasi usia, masa kerja, jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan, sikap, ketersediaan APD dan hubungannya dengan kepatuhan penggunaan APD penjamah makanan di Aerofood (ACS) Jakarta.
Hasil: Jenis kelamin (p=0,432) dan ketersediaan APD (p=1,000) tidak berhubungan terhadap kepatuhan penggunaan APD di Aerofood (ACS) Jakarta. Terdapat hubungan usia (p= 0,031), masa kerja (p= 0,017), pendidikan (p= 0,005), pengetahuan (p= 0,012) dan sikap (p= 0,027) terhadap kepatuhan penggunaan APD.
Kesimpulan: Sikap, usia, tingkat pendidikan, pengetahuan, dan masa kerja menjadi faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan APD pada karyawan Aerofood (ACS) Jakarta.
Kata kunci: Kepatuhan, Penjamah Makanan, APD

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Sep 2023 08:49
Last Modified: 27 Sep 2023 08:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16722

Actions (login required)

View Item View Item