Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GENERASI BERENCANA PADA BINA KELUARGA REMAJA DI KECAMATAN BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA

BLORIKA, FIRGIA GINDHA (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM GENERASI BERENCANA PADA BINA KELUARGA REMAJA DI KECAMATAN BANJARMANGU KABUPATEN BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FIRGIA.pdf - Published Version

Download (413kB)

Abstract

Generasi Berencana merupakan program untuk mendukung generasi muda agar dapat menjalani gaya hidup sehat yang beretika supaya dapat mencapai ketahanan remaja. Program Generasi Berencana memiliki dua sasaran yaitu remaja dan orang tuanya. Bina Keluarga Remaja adalah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua yang mengarah pada tumbuh kembang remaja. Pelaksanaan Bina Keluarga Remaja di Kecamatan Banjarmangu masih mengalami permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan Bina Keluarga Remaja di Kecamatan Banjarmangu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dengan 7 informan utama dan 4 informan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek input, jumlah kader sudah memenuhi kebutuhan, namun jumlah penyuluh KB masih minim, terdapat pelatihan untuk kader dan penyuluh KB. Ketersediaan dana dan sarana prasarana masih sangat terbatas. Terdapat buku pedoman pengelolaan BKR sebagai SOP. Pada aspek proses, kegiatan perencanaan belum optimal. Pada kegiatan pengorganisasian belum terdapat regenerasi pengurus dan sosialisasi pada calon anggota kelompok. Pelaksanaan penyuluhan dan diskusi masih belum menggunakan media alat pegara. Kegiatan monitoring dan evaluasi melalui aplikasi SIGA dan supervisi belum optimal. Pada aspek output, jumlah kelompok aktif, jumlah penyuuhan, dan kesertaan anggota belum memenuhi target. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan BKR di Kecamatan Banjarmangu belum optimal secara aspek input, proses, dan output.

Kata kunci : Bina Keluarga Remaja, Permasalahan Remaja, Generasi
Berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:00
Last Modified: 27 Sep 2023 07:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16693

Actions (login required)

View Item View Item