Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE, SUMBER, DAN KUALITAS AIR MINUM DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG

UTAMI, MAULIDA (2023) HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE, SUMBER, DAN KUALITAS AIR MINUM DENGAN KEJADIAN STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDUNGMUNDU KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MAULIDA EDIT.pdf - Published Version

Download (495kB)

Abstract

Kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang selama tiga tahun terakhir mengalami naik turun jumlah serta menjadi 10 besar kasus stunting se-Kota Semarang. Pada bulan Maret tahun 2023 sebanyak 27 kasus stunting ditemukan pada balita umur 12-59 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene, jenis sumber, dan kualitas air minum (E.coli) terhadap kejadian stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan studi case control yang dilaksanakan pada bulan Juni-September 2023. Sampel yang diteliti adalah balita usia 12-59 bulan dan ibu sebagai responden sebanyak 27 sampel kasus yang didapatkan dengan teknik non probability sampling serta 27 sampel kontrol dengan teknik matching. Mayoritas balita (subjek) berusia 12-24 bulan. Rata-rata responden menggunakan air minum galon isi ulang (40 responden). Serta ditemukan kualitas sampel air minum tidak memenuhi syarat yaitu 40 sampel (E.coli). Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting antara lain personal hygiene ibu baik sebesar 20 responden (nilai p=0,159), personal hygiene balita sudah sebesar 53 balita (nilai p=0,056), jenis sumber air minum terlindungi sebesar 53 responden (nilai p=1,000), kualitas air minum memenuhi syarat sebesar 28 responden (nilai p=0, 0,030) dan pengolahan air minum sudah diolah sebesar 22 responden (nilai p=0,782). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas air minum berhubungan dengan kejadian stunting, sedangkan personal hygiene ibu, personal hygiene balita, jenis sumber, dan pengolahan air minum tidak berhubungan dengan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang.

Kata Kunci : stunting, personal hygiene, air minum, balita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:33
Last Modified: 05 Dec 2023 07:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16677

Actions (login required)

View Item View Item