Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Minuman Biji Alpukat (Persea americana mill.) dan Jahe (Zingiber officinale rosc.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit Diabetes Melitus Tipe 2

Hanifah Mawardi, Salma and Margawati, Ani and Sandi Wijayanti, Hartanti Pengaruh Pemberian Minuman Biji Alpukat (Persea americana mill.) dan Jahe (Zingiber officinale rosc.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit Diabetes Melitus Tipe 2. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Salma Hanifah M.pdf

Download (172kB)

Abstract

Latar Belakang: Diabetes tipe 2 adalah kondisi tubuh mengalami resitensi insulin yang dapat disebabkan stress oksidatif dan inflamasi. Biji alpukat dan jahe mengandung senyawa metabolit yang berperan sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang mampu memperbaiki resistensi insulin dan menurunkan kadar glukosa darah.
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian minuman biji alpukat dan jahe terhadap penurunan kadar glukosa darah puasa mencit diabetes tipe 2
Metode: Penelitian true experimental rancangan desain kelompok kontrol acak pretest- posttest. Mencit jantan sejumlah 20 ekor dikelompokkan secara acak pada 3 kelompok yaitu kelompok kontrol positif (K+), kontrol negatif (K–), dan perlakuan (P). Induksi STZ 180 mg/kgBB dan NA 70 mg/kgBB pada kelompok K+ dan P untuk pengondisian diabetes tipe 2. Kelompok P diberi perlakuan minuman kombinasi biji alpukat dan jahe melalui oral selama 7 hari dengan dosis 420 mg/kgBB. Biji alpukat dan jahe dikombinasikan dengan perbandingan 60:40. Kadar glukosa darah puasa (GDP) diukur dengan metode strip test glukometer. Data penelitian dianalisis statistik dengan uji Paired T-test, uji Wilcoxon, uji One Way Anova, dan uji Kruskal Wallis pada software SPSS.
Hasil: Terdapat penurunan kadar GDP pada kelompok K– dan P setelah masa perlakuan, sedangkan kelompok K+ mengalami peningkatan. Perubahan kadar GDP signifikan terdapat pada kelompok P (p=0,027) yaitu penurunan sebesar 61,25 ± 30,03 mg/dL atau 17,67%. Terdapat perbedaan pengaruh antarkelompok yang dilihat dari adanya perbedaan signifikan (p= 0,049) rerata perubahan kadar GDP setelah perlakuan.
Simpulan: Minuman kombinasi biji alpukat dan jahe berpengaruh signifikan terhadap
penurunan kadar glukosa darah puasa mencit diabetes tipe 2.

Kata Kunci: biji alpukat; jahe; diabetes; kadar glukosa darah puasa

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:38
Last Modified: 26 Sep 2023 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item