Search for collections on Undip Repository

Hubungan Keanekaragaman Pangan, Kecukupan Energi, dan Kecukupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Mahasiswa

Christiana, Kezia and Rustanti, Ninik and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Hubungan Keanekaragaman Pangan, Kecukupan Energi, dan Kecukupan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi Mahasiswa. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Kezia Christiana.pdf

Download (223kB)

Abstract

Latar Belakang : Mahasiswa merupakan salah satu kelompok usia yang tingkat keanekaragaman pangannya cukup rendah sehingga hal ini dapat berpengaruh pada ketidakseimbangan kecukupan energi dan zat gizi makro yang menyebabkan mahasiswa sering mengalami masalah gizi baik gizi kurang maupun gizi lebih. Belum terdapat penelitian terdahulu yang meneliti mengenai masalah keanekaragaman pangan pada mahasiswa Universitas Diponegoro.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan keanekaragaman pangan, kecukupan energi dan zat gizi makro dengan status gizi mahasiswa serta untuk mengetahui hubungan antara keanekaragaman pangan dengan tingkat semester mahasiswa.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2023 dengan subjek yang diambil sebanyak 99 orang mahasiswa aktif Universitas Diponegoro semester <8. Pengambilan sampel menggunakan metode Stratified Consecutive Sampling. Data yang diambil berupa food recall 3 x 24 jam, Individual Dietary Diversity Score (IDDS), berat badan dan tinggi badan. Data diolah menggunakan uji statistika Chi-Square.

Hasil : Analisis data yang didapatkan terdapat hubungan antara kecukupan karbohidrat dengan status gizi (p=0,038) dan terdapat hubungan antara keanekaragaman pangan dengan status gizi mahasiswa (p=0,000). Tidak terdapat hubungan antara kecukupan energi (p=0,388), lemak (p=0,432) dan protein (p=0,448) dengan status gizi mahasiswa.

Simpulan : Terdapat hubungan antara keanekaragaman pangan dan kecukupan energi dengan status gizi mahasiswa.

Kata Kunci : Keanekaragaman pangan, status gizi, kecukupan energi, kecukupan zat gizi makro

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:07
Last Modified: 26 Sep 2023 08:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16658

Actions (login required)

View Item View Item