Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS POP-UP BOOK DAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA TUNARUNGU USIA 7-10 TAHUN (Studi di SDLB-B Widya Bhakti, SLB Negeri Semarang, dan SLB-B Swadaya,Kota Semarang, Jawa Tengah).

Hardiyani, Hardiyani and Nosartika, Isniya and Vidyahayati, Indah Lestari and Skripsa, Tira Hamdillah (2023) EFEKTIVITAS POP-UP BOOK DAN VIDEO SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA TUNARUNGU USIA 7-10 TAHUN (Studi di SDLB-B Widya Bhakti, SLB Negeri Semarang, dan SLB-B Swadaya,Kota Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (HARDIYANI-22012019140021-KTI-ABSTRAK)
HARDIYANI-22010219140021-KTI-ABSTRAK.pdf

Download (41kB)

Abstract

Tujuan : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan efektivitas pop-up book dan video sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut siswa tunarungu usia 7-10 tahun. Metode : Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan pendekatan pre and post test design sebanyak 60 sampel anak tunarungu di SDLB-B Widya Bhakti, SLB Negeri Semarang, dan SLB-B Swadaya, Kota Semarang, Jawa Tengah. Pengukuran diambil sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 30 media pop-up book dan 30 media video pada anak tunarungu. Tingkat pengetahuan diukur menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil : Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan perbedaan nilai tingkat pengetahuan kelompok pop-up book dan video sebelum dan setelah diberikan edukasi (p=0,034). Kesimpulan : Edukasi kesehatan gigi dan mulut dengan media pop-up book lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa tunarungu.
Kata kunci: Anak tunarungu, edukasi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, video, pop-up book

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak tunarungu, edukasi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, video, pop-up book
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Sep 2023 02:00
Last Modified: 27 Sep 2023 02:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16648

Actions (login required)

View Item View Item