Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Ekstrak Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) terhadap Jumlah Sel Makrofag Gingiva pada Model Periodontitis Studi In Vivo Pada Tikus Wistar (Rattus Norvegicus)

Putri, Barbella Nabiha and Nosartika, Isniya and Prihatiningsih, Tyas and Antari, Arlita Leniseptaria (2023) Pengaruh Ekstrak Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) terhadap Jumlah Sel Makrofag Gingiva pada Model Periodontitis Studi In Vivo Pada Tikus Wistar (Rattus Norvegicus). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit periodontal merupakan penyakit dengan prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia, sesuai data Riskesdas tahun 2013 memperlihatkan prevalensi penduduk yang mempunyai masalah pada jaringan periodontal adalah 96,58%. Komponen sistem imun yang berkontribusi terhadap periodontitis salah satunya adalah sel makrofag. Tujuan: Mengetahui pengaruh ekstrak kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.) dengan konsentrasi 50%, 75%, dan 100% terhadap penurunan jumlah sel makrofag gingiva pada model periodontitis. Metode: Pemasangan ligasi menggunakan silk ligature yang dililitkan pada sekitar servikal gingiva gigi molar satu rahang bawah selama 14 hari. Pemberian ekstrak kembang sepatu 50%, 75% dan 100% pada servikal gigi setelah ligasi dilepas. Kelompok kontrol negatif merupakan tikus tanpa perlakuan, kelompok kontrol positif 1 menggunakan Ti-es Metronidazole, dan kelompok kontrol positif 2 dengan pemasangan ligasi. Perhitungan jumlah makrofag dilakukan dengan analisis data uji One-way ANOVA. Hasil: Data hasil penelitian dalam bentuk rerata jumlah sel makrofag lalu diuji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan menunjukkan data yang normal. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan Levene didapatkan hasil berupa data homogen. Dari hasil uji LSD sel makrofag didapatkan ligasi berhasil menyebabkan peradangan pada servikal gingiva dan memperlihatkan gejala klinis dari periodontitis. Analisis data menggunakan post-hoc LSD mengatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok tikus yang diberikan ekstrak kembang sepatu 50% (p>0,05) yaitu p=0,040. Kesimpulan: terdapat pengaruh ekstrak kembang sepatu konsentrasi 50% terhadap jumlah sel makrofag gingiva pada model tikus yang diinduksi periodontitis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Makrofag, Hibiscus Rosa Sinensis L., Periodontitis
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:24
Last Modified: 03 Oct 2023 01:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16636

Actions (login required)

View Item View Item