Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Substitusi Gula Stevia (Stevia rebaudiana) Terhadap Aktivitas Antioksidan, Kadar Gula Total, dan Tekstur Soft Candy Secang Kafein

Rizqi Firsandia, Nabiila and Rustanti, Ninik and Adi Murbawani, Etisa Pengaruh Substitusi Gula Stevia (Stevia rebaudiana) Terhadap Aktivitas Antioksidan, Kadar Gula Total, dan Tekstur Soft Candy Secang Kafein. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Nabiila Rizqi Firsandia.pdf

Download (35kB)

Abstract

Latar Belakang: Permen adalah salah satu produk yang disukai oleh berbagai usia dan dapat dimanfaatkan dengan meningkatkan nilai gizinya. Antioksidan dari makanan seperti secang, nanas, pisang, kafein, dan gula merah tebu dapat digunakan sebagai bahan pembuatan permen untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Namun, sukrosa adalah bahan utama permen yang jika berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, gula stevia yang merupakan pemanis rendah kalori dan memiliki sifat antioksidan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sukrosa.
Tujuan: Mengetahui pengaruh aktivitas antioksidan, kadar gula total, dan tekstur setelah disubstitusi gula stevia pada soft candy secang kafein.
Metode: Penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor yaitu substitusi gula stevia (0%, 25%, 50%, dan 75%) pada pembuatan soft candy secang kafein. Hasil uji aktivitas antioksidan, gula total, dan tekstur dianalisis menggunakan Kruskall Wallis dan dilanjutkan dengan Mann-whitney. Penentuan formulasi terbaik menggunakan multiatribute decision using compensatory model additive weighting technique.
Hasil: Substitusi gula stevia berpengaruh secara stastistik terhadap aktivitas antioksidan (p=0,011) dan menurunkan kadar gula total (p=0,000) serta nilai hardness tekstur (p=0,000) soft candy secang kafein. Formulasi soft candy terbaik adalah soft candy secang kafein dengan substitusi gula stevia 50%.
Simpulan: Substitusi gula stevia berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, kadar gula total, dan tekstur soft candy.

Kata Kunci: soft candy, gula stevia, antioksidan, gula total, tekstur

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:37
Last Modified: 26 Sep 2023 03:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item