Search for collections on Undip Repository

ANALISIS SPASIAL PERSEBARAN TIKUS DAN PINJAL TERHADAP KEBERADAAN BAKTERI YERSINIA PESTIS DI WILAYAH ENZOOTIK PES (STUDI DI DUSUN SUROROWO KABUPATEN PASURUAN)

ANDYANI, DELLA NATASHA (2023) ANALISIS SPASIAL PERSEBARAN TIKUS DAN PINJAL TERHADAP KEBERADAAN BAKTERI YERSINIA PESTIS DI WILAYAH ENZOOTIK PES (STUDI DI DUSUN SUROROWO KABUPATEN PASURUAN). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DELLA.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Pes merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh gigitan pinjal pada tubuh tikus. Bakteri Yersinia pestis berperan sebagai agent penyebab penyakit pes. Kasus KLB pes pertama kali terjadi di Dusun Surorowo pada tahun 1986 (CFR 83,3%) dan terakhir kasus dilaporkan pada tahun 2007 dengan jumlah kasus sebanyak 82 kasus. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan sistem kewaspadaan dini dan kesiapsiagaan terhadap munculnya pes perlu dilakukan analisis spasial persebaran tikus dan pinjal di wilayah dusun Surorowo terhadap keberadaan bakteri Yersinia pestis sehingga dapat diketahui pola distribusi dari host dan memetakan risiko wilayah berpotensi penularan pes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah semua spesies tikus dan spesies pinjal yang berhasil ditangkap dan diidentifikasi di dusun Surorowo serta pengambilan serum tikus. Dapat disimpulkan bahwa pada habitat domestik didominasi oleh tikus Rattus tanezumi (95%), habitat peridomestik didapatkan Rattus exulans (100%), dan habitat silvatik didominasi oleh Rattus exulans (75%). Distribusi pinjal pada habitat domestik didominasi oleh Xenopsylla cheopis (89%) dan habitat silvatik hanya ditemukan Stivalius cognatus (100%). Pada habitat peridomestik tidak ditemukan spesies pinjal. Keberadaan Yersinia pestis tidak ditemukan berdasarkan hasil uji serologi.

Kata kunci : Analisis spasial, persebaran tikus, pinjal, Yersinia pestis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:12
Last Modified: 25 Sep 2023 08:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item