Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK IBU TERHADAP STATUS IMUNSISI DIFTERI PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKMAJAYA DEPOK TAHUN 2020

SETIANI, CATHARINA ROSARIA (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK IBU TERHADAP STATUS IMUNSISI DIFTERI PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKMAJAYA DEPOK TAHUN 2020. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO CATHARINA.pdf - Published Version

Download (261kB)

Abstract

Latar Belakang: Menurut Profil Kesehatan Kota Depok tahun 2020, kasus difteri ditemukan di Kelurahan Mekarjaya dan Kelurahan Tirtajaya sebanyak 4 kasus. Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang sangat menular disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheria.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakterkteristik individu (usia, pekerjaan, dan tingkat pendidikan), pengetahuan, sikap, dan praktik terhadap status imunisasi difteri pada anak di wilayah kerja Puskesmas Sukmajaya Depok Tahun 2020.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode kuantitatif menggunakan pendekatan design cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 2 - 18 bulan pada tahun 2020 atau ibu yang memiliki anak usia 3 - 5 tahun pada saat penelitian di wilayah Kelurahan Mekarjaya dan Sukmajaya. Penelitian menggunakan purposive sampling. Besar sampel sebesar 86 responden di Kelurahan Mekarjaya dan 24 responden di Kelurahan Tirtajaya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara langsung dan menggunakan data pendukung dari Dinas Kesehatan Kota Depok.
Hasil: Berdasarkan uji statistik chi square diketahui status imunisasi DPT-Hb-Hib yang lengkap terdapat 65,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara usia (p=0,039), sikap (p=0,049), dan praktik (p=0,000) terhadap status imunisasi difteri di Puskesmas Sukmajaya Kota Depok tahun 2020.
Kesimpulan: Kasus difteri di Wilayah Kerja Puskesmas Sukmajaya pada tahun 2020 selain dikarenakan adanya COVID-19 namun terdapat pengaruh dari usia, sikap, dan praktik ibu. Penelitian ini menjelaskan terdapat hubungan antara usia, sikap dan praktik ibu terhadap status imunisasi DPT-HB-Hib pada bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Sukmajaya Kota Depok.

Kata Kunci : Difteri, Imunisasi DPT-HB-Hib, Ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:02
Last Modified: 25 Sep 2023 07:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item