Search for collections on Undip Repository

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SADANIS PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GANG AUT KOTA BOGOR

YUSHALLINAH, SYIFA (2023) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SADANIS PADA WANITA USIA SUBUR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GANG AUT KOTA BOGOR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SYIFA YUS.pdf - Published Version

Download (433kB)

Abstract

Pemeriksaan payudara klinis merupakan program deteksi dini pencegahan kanker payudara yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Cakupan pemeriksaan klinis payudara di wilayah kerja Puskesmas Gang Aut masih lambat. Pada tahun 2021 mencapai 0,1%, kemudian meningkat menjadi 6,3% pada tahun 2022, kemudian menurun lagi menjadi 2,5% pada bulan Januari hingga Juni 2023 dengan kasus benjolan tertinggi pada rentang usia 30 – 50 tahun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pemeriksaan payudara klinis pada wanita usia subur di wilayah kerja Puskesmas Gang Aut. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi ini adalah wanita usia subur dengan sampel dalam penelitian ini adalah 132 wanita usia subur 30 – 50 tahun dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah uji chi square. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value=0.002), sikap (p-value=0.000), dukungan tenaga kesehatan (p-value=0.000), dan kesadaran diri (p-value=0.000) dengan perilaku pemeriksaan payudara klinis. Serta tidak terdapat hubungan antara akses terhadap pelayanan kesehatan (p-value=0,374) dan dukungan keluarga (p-value=0,383) dengan perilaku pemeriksaan payudara klinis. Maka dapat disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dukungan petugas kesehatan, dan kesadaran diri dengan perilaku pemeriksaan klinis di wilayah kerja Puskesmas Gang Aut Kota Bogor.

Keywords: Kanker payudara ;Pemeriksaan payudara klinis ;Puskesmas Gang Aut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:57
Last Modified: 25 Sep 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16564

Actions (login required)

View Item View Item