Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETENSI DOKTER DAN DOKTER SPESIALIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

SIREGAR, PAULICYA ROSARI (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RETENSI DOKTER DAN DOKTER SPESIALIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO PAULICYA.pdf - Published Version

Download (425kB)

Abstract

Tantangan yang beragam dalam bekerja sebagai tenaga medis di daerah tertinggal dapat mempengaruhi retensi dokter dan dokter spesialis di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi retensi dokter dan dokter spesialis di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara. Hasil penelitian menggunakan teori retensi oleh Dieleman dan Harnmeijer menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan tugas dan tanggung jawab secara umum tidak mempengaruhi retensi dokter dan dokter spesialis. Para dokter yang tidak memiliki rencana pengembangan karir dan tidak adanya akomodasi bagi dokter umum tidak mempengaruhi retensi dokter secara umum. Kepemimpinan Direktur yang baik, ketersediaan sumber daya yang mendukung pelayanan, kerja sama tim yang kondusif, kondisi tempat kerja yang aman dan nyaman, tersedianya akomodasi bagi dokter spesialis, motivasi intrinsik dan persepsi diri terhadap tugas yang positif, kondisi dokter yang dapat tinggal bersama pasangan dan keluarga, keamanan lingkungan, dan fasilitas umum yang memadai menurut dokter yang berasal dari Mentawai berperan dalam meningkatkan retensi dokter dan dokter spesialis secara umum. Sedangkan, remunerasi yang tidak kompetitif dibandingkan dengan daerah perkotaan, dukungan yang minim untuk pengembangan karir, kondisi dokter yang tinggal terpisah dengan pasangan dan keluarga, minimnya kesempatan untuk melakukan praktik lebih dari 1 tempat, fasilitas umum yang belum mampu memenuhi kebutuhan dokter dan tingkat kemahalan yang tinggi berperan dalam menurunkan retensi dokter dan dokter spesialis di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai secara umum. Faktor yang mempengaruhi retensi dokter dan dokter spesialis dapat memberi pengaruh berbeda pada masing-masing dokter.

Kata Kunci : Dokter dan Dokter Spesialis; Retensi Tenaga Medis; Daerah Tertinggal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:00
Last Modified: 22 Sep 2023 09:00
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16548

Actions (login required)

View Item View Item