Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Krim Nanosilver Kolagen Dibandingkan Levertran Untuk Penyembuhan Luka Bakar Deep Dermal Pada Tikus Sprague dawley : Tinjauan Pada Jumlah Sebukan Makrofag dan Densitas Kolagen

Ari Mukti, Anggun and Najatullah, Najatullah (2023) Efektivitas Krim Nanosilver Kolagen Dibandingkan Levertran Untuk Penyembuhan Luka Bakar Deep Dermal Pada Tikus Sprague dawley : Tinjauan Pada Jumlah Sebukan Makrofag dan Densitas Kolagen. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Anggun Ari Mukti)
Abstrak_Anggun Ari Mukti.pdf

Download (67kB)

Abstract

Latar Belakang: Pengembangan penelitian mengenai agen yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka bakar secara efektif sangat dibutuhkan saat ini. Partikel nanosilver adalah salah satu temuan formula yang bersifat anti mikroba dan anti inflamasi yang efek terapeutiknya mempercepat proses penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan membuktikan nanosilver yang dikombinasi dengan kolagen berperan dalam meningkatkan makrofag dan kolagen selama proses penyembuhan luka bakar deep dermal.
Metode: Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan desain “Randomized post test only with control group”. Populasi studi yaitu 15 ekor tikus Sprague dawley jantan yang diinduksi luka bakar deep dermal lalu dibagi secara acak. Kelompok perlakuan meliputi: I (kontrol negatif dengan terapi NaCl 0.9%), II (kontrol positif dengan terapi Levertran), dan III (perlakuan dengan terapi NSC1%). Sebukan makrofag dinilai dengan IHC F4/80 dan densitas kolagen dinilai dengan Masson’s trichrome staining.
Hasil: Sebukan makrofag berbeda signifikan pada hari ke-6 antara kelompok O6 dengan kelompok lain (p < 0.05). Perbedaan bermakna juga tampak pada kelompok O6 dalam peningkatan densitas kolagen (p < 0.05).
Diskusi: Formula nanosilver kolagen meningkatkan makrofag melalui mekanisme aktivasi dan migrasi makrofag menuju tempat cedera sebagai anti inflamasi. Kemampuan agen ini untuk penetrasi ke sitoplasma bakteri juga menimbulkan sfat bakterisidal. Selain itu, kombinasi formula ini memicu deposisi kolagen yang membentuk serat jaringan baru sehingga menghasilkan lingkungan yang kondusif bagi penyembuhan luka.
Simpulan: Dressing luka bakar deep dermal menggunakan kombinasi nanosilver kolagen secara signifikan berperan dalam meningkatkan sebukan makrofag dan densitas kolagen selama proses penyembuhan luka bakar deep dermal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: luka bakar, deep dermal, nanosilver kolagen, nanopartikel silver, kolagen, makrofag
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 22 Sep 2023 08:11
Last Modified: 22 Sep 2023 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16541

Actions (login required)

View Item View Item