Search for collections on Undip Repository

PERBEDAAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL TAHUN 2022 (Studi di Desa Leyangan dan Kelurahan Beji, Kabupaten Semarang)

DAMAI, DEVANO ALFATHAN GALANG (2023) PERBEDAAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI IBU DALAM PROGRAM BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL TAHUN 2022 (Studi di Desa Leyangan dan Kelurahan Beji, Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DEVANO.pdf - Published Version

Download (372kB)

Abstract

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) merupakan program imunisasi yang diselenggarakan pemerintah guna mengejar cakupan imunisasi nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Pulau Jawa dan Bali. Desa Leyangan merupakan wilayah dengan cakupan imunisasi BIAN terendah di wilayah kerja Puskesmas Leyangan, sedangkan Kelurahan Beji merupakan wilayah dengan cakupan tinggi dengan letak wilayah yang bersisian dengan Desa Leyangan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi dalam program BIAN di Desa Leyangan dan Kelurahan Beji, Kabupaten Semarang. Analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional digunakan dalam penelitian ini. Sampel berjumlah 120 ibu yang memiliki anak sasaran program BIAN, diambil dengan metode stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara kuesioner dan observasi langsung. Variabel yang diteliti mencakup tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, persepsi, kepercayaan, motivasi serta keeratan sosial. Analisis statistik menggunakan uji chi-square untuk uji asosiatif dan mann-whitney u test untuk uji komparatif. Hasil uji asosiatif menunjukan adanya hubungan pengetahuan (p-value = 0,032 & p-value = 0,003) dan persepsi (Desa Leyangan, p-value = 0,023) dengan partisipasi ibu dalam program BIAN, sedangkan hasil uji komparatif menunjukan adanya perbedaan pengetahuan (p-value = 0,004), persepsi (p-value = 0,015), kepercayaan (p-value = 0,000), motivasi (p-value = 0,005) serta keeratan sosial (p-value = 0,000) antara ibu di Desa Leyangan dan Kelurahan Beji. Hubungan dan perbedaan yang terjadi di Desa Leyangan dan Kelurahan Beji mengenai partisipasi program BIAN dapat dikaitkan dengan faktor internal dan sosial ibu.

Kata kunci : Imunisasi; Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN); Faktor yang Berhubungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Sep 2023 06:59
Last Modified: 22 Sep 2023 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16537

Actions (login required)

View Item View Item