Search for collections on Undip Repository

ANALISIS ESTIMASI ZONASI NILAI TANAH DI KAWASAN BANJIR DAN PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK

FATIMAH, BEKTY NUR (2023) ANALISIS ESTIMASI ZONASI NILAI TANAH DI KAWASAN BANJIR DAN PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG – DEMAK KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
21110119120008-COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
21110119120008-ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
21110119120008-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text
21110119120008-BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
21110119120008-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
21110119120008-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
21110119120008-BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
21110119120008-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan terhadap tanah akan selalu mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan wilayah termasuk di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Kecamatan Sayung merupakan wilayah yang rawan terjadi banjir pasang surut. Pada tahun 2022 terjadi pembangunan jalan tol Semarng – Demak Seksi II di sebagian wilayah Kecamatan Sayung. Hal tersebut tentunya menjadi penyebab perubahan
penggunaan tanah yang berpengaruh terhadap nilai tanah. Terdapat beberapa variabel bebas dalam pembentukan zona nilai tanah seperti aksesibilitas, penggunaan tanah, fasilitas umum, dan bahaya banjir. Variabel bebas tersebut kemudian diolah menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan overlay intersect. Hasil perhitungan AHP telah memenuhi prinsip dari konsistensi yakni didapatkan nilai CR <
10%, kemudian diperoleh faktor penentu nilai tanah yang paling berpengaruh adalah bahaya banjir dengan persentase bobot sebesar 25% dan jalan arteri sebesar 12% serta persentase bobot terendah fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan sebesar 5%. Hasil zona yang terbentuk berdasarkan metode AHP dan persebaran sampel harga tanah sebanyak 15 zona yang diklasifikasikan menjadi 8 kelas. Zona nilai tanah di kawasan
bahaya banjir yang sangat tinggi memiliki nilai tanah yang rendah atau kurang dari Rp 585.501,00. Sedangkan nilai tanah di kawasan pembangunan jalan tol Semarang – Demak dari tahun 2022 sampai dengan 2023 mengalami kenaikan di setiap radiusnya berdasarkan NIR tertinggi hingga mencapai 23,06% di radius 0 m – 250 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: AHP, Banjir, Tol Semarang – Demak, Zona Nilai Tanah
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 22 Sep 2023 05:56
Last Modified: 22 Sep 2023 05:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item