Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN KEJADIAN ISPA PADA KELOMPOK ANAK MARJINAL DI KAMPUNG SUMENEBAN

SINAGA, GRACELLA ESTER (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN KEJADIAN ISPA PADA KELOMPOK ANAK MARJINAL DI KAMPUNG SUMENEBAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO GRACELLA.pdf - Published Version

Download (436kB)

Abstract

Status ekonomi keluarga erat kaitannya dengan status kesehatan keluarga, khususnya pada anak. Anak dari keluarga marjinal merupakan kelompok rentan terhadap penyakit menular, seperti Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA). Oleh karena itu, perilaku pencegahan kejadian ISPA pada anak sangat penting untuk dilakukan oleh ibu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan kejadian ISPA pada kelompok anak marjinal di Kampung Sumeneban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantiatif dan desain studi cross-sectional. Responden pada penelitian ini sebanyak 62 ibu di Kampung Sumeneban. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner melalui metode wawancara. Analisis data penelitian ini dengan univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara beberapa faktor dengan perilaku pencegahan kejadian ISPA pada kelompok anak marjinal di Kampung Sumeneban meliputi status ekonomi keluarga (p=0,036), pengetahuan (p=0,005), sikap (0,018), ketersediaan informasi kesehatan (p=0,025) dan tidak terdapat hubungan antara usia (p=0,445), pendidikan terakhir (p=0,934), status pekerjaan (0,527), ketersediaan sarana prasarana kesehatan (p=0,217), dukungan sikap dan perilaku petugas kesehatan (p=0,527). Dengan status ekonomi keluarga, pengetahuan, sikap, dan ketersediaan informasi kesehatan yang baik dapat meningkatkan perilaku pencegahan kejadian ISPA yang baik pada ibu. Hal tersebut sesuai dengan teori Lawrence Green yang menyatakan jika predisposing factors dan enabling factors mempengaruhi perilaku kesehatan. Kesimpulan: status ekonomi keluarga, pengetahuan, sikap, dan ketersediaan informasi kesehatan dapat berpengaruh terhadap perilaku pencegahan ISPA pada anak.
Kata kunci : ISPA, Perilaku Pencegahan, Anak Marjinal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Sep 2023 05:02
Last Modified: 22 Sep 2023 05:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16532

Actions (login required)

View Item View Item