Search for collections on Undip Repository

FENOMENA OVERSPENDING DALAM KALANGAN IDOL OTAKU JEPANG ERA KONTEMPORER 日本(にほん)現代(げんだい)にアイドルオタク内(ない)のオーバースペンディング現象(げんしょう)

Daniel Dewana Swa, Daniel (2023) FENOMENA OVERSPENDING DALAM KALANGAN IDOL OTAKU JEPANG ERA KONTEMPORER 日本(にほん)現代(げんだい)にアイドルオタク内(ない)のオーバースペンディング現象(げんしょう). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
11. Komplit 1MB - Daniel Dewana Swa - 13020217130035 - Daniel DS.docx

Download (504kB)

Abstract

ABSTRAK
Swa, Daniel Dewana, 2023. “Fenomena Overspending Dalam Kalangan Idol Otaku Jepang Era Kontemporer”, Skripsi, Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Universitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing Arsi Widiandari, S.S., M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan lebih lanjut mengenai perkembangan industri idola Jepang dan proses kemunculan idol otaku, serta fenomena overspending yang terjadi di dalam kalangan idol otaku.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Teori dan konsep yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, konsep konsumerisme dan komodifikasi, konsep idol culture.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa bila dibandingkan kolongan otaku lainnya, anggota kelompok idol otaku mengeluarkan jumlah uang yang jauh lebih besar per individu. Sub-grup idol otaku mengeluarkan 103.543 yen per individu, 5 kali lipat lebih besar dibanding 20.541 yen dari sub-grup manga otaku.
Kemudian, walau pun relatif berjumlah sedikit (12,4% dari 629 orang), terdapat penggemar-penggemar idola Jepang yang rela menghabiskan setengah (4,3% dari 629 orang) atau bahkan lebih dari setengah gaji mereka (8,1% dari 629 orang) demi hobi idol.
Terakhir, idol otaku menempatkan idola Jepang ke dalam hierarki kebutuhan hidup mereka, dan kadang rela mendorong kebutuhan yang lain ke bawah dengan idola Jepang sebagai prioritas paling tinggi.
Kata kunci: idol otaku, overspending, Jepang Kontemporer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:34
Last Modified: 21 Sep 2023 08:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16503

Actions (login required)

View Item View Item