Search for collections on Undip Repository

STRUKTUR DAN PENANDA KOHESI PADA WACANA IKLAN KOSMETIK BAHASA JEPANG 日本の化粧品広告談話における構造と結束マーカー

Rini Puji Astuti, Rini (2023) STRUKTUR DAN PENANDA KOHESI PADA WACANA IKLAN KOSMETIK BAHASA JEPANG 日本の化粧品広告談話における構造と結束マーカー. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP_Rini Puji Astuti - Rini Puji Astuti.docx

Download (156kB)

Abstract

INTISARI

Astuti, Rini Puji. 2023. “Struktur dan Penanda Kohesi Pada Iklan Wacana Kosmetik Jepang”. Skripsi Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing: Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta strutktur yang digunakan dalam iklan kosmetik Jepang. Kemudian, penelitian ini juga menjelaskan mengenai penanda kohesi yang muncul didalam iklan serta tingkat kekohesifan wacana iklan kosmetik Jepang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iklan kosmetik Canmake Tokyo Japan dari tahun 2017-2022.
Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simak dengan teknik dasar berupa teknik sadap, dan teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Selanjutnya, untuk tahap analisis data penulis menggunakan metode padan ekstralingual dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dan metode deskriptif. Kemudian, untuk tahap penyajian hasil analisis data penulis menggunakan metode informal untuk menjabarkan hasil penelitian yang ditemukan.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil bahwa 9 dari 8 iklan yang digunakan memiliki struktur yang lengkap dan 1 iklan tidak memiliki struktur lengkap karena tidak terdapat bagian badan (body) iklan. Pada bagian butir utama (headline) jenis proposisi yang paling banyak digunakan dalam iklan adalah proposisi menekankan keuntungan pada calon konsumen. pada bagian badan (body) jenis alasan yang paling banyak digunakan adalah alasan subjektif. Kemudian untuk bagian penutup (close) teknik lunak dengan butir pasif paling banyak digunakan. Selanjutnya, ditemukan juga 31 penanda kohesi dalam wacana iklan yang terdiri dari 13 kohesi gramatikal dan 18 kohesi leksikal. Selain itu, diketahui juga bahwa tingkat kekohesifan wacana iklan Canmake ini mencapai 100% yang menandakan bahwa wacana iklan tersebut merupakan wacana yang kohesif dan mudah dipahami secara utuh atau padu oleh penonton.
Kata kunci: Struktur, Wacana Iklan, Kohesi, Kekohesifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:22
Last Modified: 21 Sep 2023 08:22
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16501

Actions (login required)

View Item View Item