Search for collections on Undip Repository

ANGKA TOTAL COLIFORM PADA AIR DENGAN BERBAGAI MODEL STERILISASI PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN PONDOK AREN KOTA TANGERANG SELATAN

RAHMASTIO, ANNISA INAYATI NUR (2023) ANGKA TOTAL COLIFORM PADA AIR DENGAN BERBAGAI MODEL STERILISASI PADA DEPOT AIR MINUM ISI ULANG DI KECAMATAN PONDOK AREN KOTA TANGERANG SELATAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANNISA INAYATI.pdf - Published Version

Download (487kB)

Abstract

Air Minum Isi Ulang (AMIU) menjadi preferensi yang diminati oleh masyarakat, karena harganya relatif lebih terjangkau. Akibatnya, Depot Air Minum (DAM) terus meningkat seiring dengan fluktuasi kebutuhan masyarakat akan air minum. Namun, tidak semua DAM memenuhi standar keamanan dan kebersihan. Higiene Sanitasi DAM berperan penting untuk mencegah risiko yang berbahaya bagi kesehatan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi angka total coliform AMIU dengan berbagai model sterilisasi di Kecamatan Pondok Aren. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik melalui pendekatan cross-sectional, dengan variabel kualitas air baku, jenis model sterilisasi, perawatan peralatan, higiene sanitasi tempat, higiene sanitasi peralatan, dan higiene sanitasi penjamah. Populasi dalam penelitian sejumlah 80 DAM dengan sampel 50 DAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat 17 sampel AMIU (34%) yang tidak memenuhi syarat. Sebanyak 44% kualitas air baku, 50% perawatan peralatan, 52% aspek tempat, 34% aspek peralatan, dan 40% aspek penjamah dinilai kurang baik. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan angka total coliform AMIU adalah kualitas air baku (p-value = 0,016), perawatan peralatan (p-value = <0,001), aspek peralatan (p-value = <0,001), dan aspek penjamah (p-value =0,024). Sementara itu, variabel yang tidak berhubungan dengan dengan angka total coliform AMIU adalah jenis model sterilisasi (p-value = 0,137) dan aspek tempat (p-value = 0,423). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara kualitas air baku, perawatan peralatan, higiene sanitasi peralatan dan penjamah dengan angka total coliform AMIU di Kecamatan Pondok Aren.
Kata Kunci : Air Minum Isi Ulang, Higiene, Sanitasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:24
Last Modified: 21 Sep 2023 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16498

Actions (login required)

View Item View Item