Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR RISIKO TIMBULAN SAMPAH MAKANAN TERHADAP KEPADATAN VEKTOR DAN GANGGUAN KESEHATAN DI DAERAH WISATA CANDI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

LAILA, DINA ZULFA (2023) ANALISIS FAKTOR RISIKO TIMBULAN SAMPAH MAKANAN TERHADAP KEPADATAN VEKTOR DAN GANGGUAN KESEHATAN DI DAERAH WISATA CANDI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DINA ZULFA.pdf - Published Version

Download (439kB)

Abstract

Latar Belakang: Permasalahan sampah makanan masih tergolong krusial. Food waste atau sampah makanan masih menjadi masalah negara maju maupun negara berkembang. Dalam satu tahun, makanan yang telah diproduksi hanya duapertiga yang dikonsumsi oleh masyarakat, sepertiga dari makanan hanya berakhir pada pembuangan. Tercatat Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara penghasil sampah makanan. Timbulan sampah makanan ini jika terus menerus tidak diatasi dapat berdampak pada lingkungan dan kesehatan. Salah satu penghasil sampah makanan terbesar di Kabupaten Magelang adalah sektor pariwisata di Candi Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor risiko timbulan sampah makanan terhadap kepadatan vektor dan ganguan kesehatan di daerah wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang.
Metode: Jenis penenlitian ini adalah analitik observasional dengan metode penelitian ini menggunakan pendekatan secara cross sectional. Populasi dari penenlitian ini merupakan warung makan pujasera di Taman Wisata Candi Borobudur Kabupaten Magelang yang berjumlah 148 dengan total perhitungan sampel berjumlah 13 warung dan 48 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawanvcara, observasi, dan pengukuran menggunakan lembar kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunkan analisis univariat dan bivariat yangmenggunkan uji chi-square.
Hasil: Rata-Rata timbulan sampah makanan diolah dan tidak diolah sebesar 0,36kg/orang/hari, tingkat kepadatan lalat masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 7-8 lalat, Ada hubungan antara banyaknya timbulan sampah makanan dan gangguan kesehatan pada pedagang (p-value 0,004), ada hubungan antara kepadatan lalat dengan gangguan kesehatan pedagang warung makan (p-value 0,008), ada hubungan antara kepadatan lalat dengan banyaknya timbulan sampah makanan (p-value 0,011).
Simpulan: Ada hubungan antara timbulan sampah makanan dan kepadatan lalat dengan gangguan kesehatan dan Ada hubungan antara kepadatan lalat dengan banyaknya timbulan sampah makanan

Kata kunci : Food waste, gangguan kesehatan, kepadatan lalat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:41
Last Modified: 21 Sep 2023 06:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16481

Actions (login required)

View Item View Item