Search for collections on Undip Repository

Model Economic Order Quantity Fuzzy untuk Barang Tidak Sempurna dengan Stockout

Pradipta, Josephine Linda (2023) Model Economic Order Quantity Fuzzy untuk Barang Tidak Sempurna dengan Stockout. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 Pendahuluan - Josephine Pradipta.pdf

Download (482kB)
[img] Text
File 2 Isi - Josephine Pradipta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 - Josephine Pradipta.pdf

Download (268kB)

Abstract

"Model Economic Order Quantity (EOQ) adalah model persediaan untuk permasalahan manajemen persediaan. Model ini hanya berlaku untuk satu jenis barang. Tugas Akhir ini membahas mengenai model EOQ fuzzy untuk barang tidak sempurna dengan stockout. Model ini digunakan untuk mencari jumlah pemesanan dan kekurangan barang optimal untuk meminimumkan biaya total dalam satu periode pemesanan. Parameter permintaan dalam satu periode pemesanan dan harga barang adalah bilangan fuzzy triangular dan digunakan metode Mean Parameter Rangking sebagai metode penegasan bilangan fuzzy. Model EOQ fuzzy untuk barang tidak sempurna dengan stockout diaplikasikan pada Toko Supplier Telur Salatiga di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dari simulasi numerik yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan adanya besar persentase kerusakan 7,5%, maka didapatkan biaya total optimal sebesar Rp2.850.535 atau lebih kecil 6,5% dari kebijakan toko saat ini.
Kata Kunci: Economic Order Quantity, barang tidak sempurna, stockout, bilangan fuzzy triangular, metode Mean Parameter Rangking."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:54
Last Modified: 21 Sep 2023 03:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16466

Actions (login required)

View Item View Item