Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Makronutrien dan Status Merokok dengan Status Gizi pada Mahasiswi Universitas Diponegoro Kota Semarang

Rachmasanti, Alissa and Pramono, Adriyan and Widyastuti, Nurmasari and Anjani, Gemala Hubungan Asupan Makronutrien dan Status Merokok dengan Status Gizi pada Mahasiswi Universitas Diponegoro Kota Semarang. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Alissa.pdf

Download (226kB)

Abstract

Latar Belakang: Status gizi menjadi salah satu aspek yang penting bagi mahasiswa untuk menempuh pendidikannya. Selain asupan makronutrien, merokok mampu memengaruhi status gizi melalui penekanan napsu makan dan peningkatan laju metabolisme.
Metode: Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada 59 mahasiswi di Universitas Diponegoro dengan teknik consequtive sampling. Data yang diambil berupa status merokok, berat badan, tinggi badan, body image, aktivitas fisik, dan asupan makronutrien. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman dan dianalisis multivariat dengan General Linear Model (GLM).
Hasil: Dari seluruh responden, 89,8% memiliki asupan karbohidrat defisit, 59,3% memiliki asupan lemak berlebih, 37,3% diantaranya memiliki asupan energi normal, dan 40,7% memiliki asupan protein normal. Responden dengan status gizi kurang (5%) dan gizi lebih (5%) sebagian besar merupakan perokok harian. Adanya hubungan yang signifikan antara asupan energi (r= 0,266; p=0,042) dan body image (r= 0,621; p=0,000) dengan status gizi. Namun, pada model multivariat hanya body image variabel yang paling berhubungan dengan status gizi (p=0,000)
Kesimpulan: Asupan energi dan body image memiliki hubungan signifikan dan searah dengan status gizi yakni seiring meningkatnya asupan energi dan skor body image mahasiswi maka nilai status gizi juga akan meningkat.

Kata Kunci: merokok, status gizi, asupan makronutrien, mahasiswi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 21 Sep 2023 02:43
Last Modified: 21 Sep 2023 02:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16460

Actions (login required)

View Item View Item