Search for collections on Undip Repository

Perbandingan Latihan Hatha Yoga dan Senam Lansia terhadap Kebugaran Kardiorespirasi Lansia

Pramudhita, Ardina Nur and Ambarwati, Endang and Putri, Rahmi Isma Asmara (2023) Perbandingan Latihan Hatha Yoga dan Senam Lansia terhadap Kebugaran Kardiorespirasi Lansia. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ARDINA NUR PRAMUDHITA-22041419310007-TESIS-ABSTRAK)
ARDINA NUR PRAMUDHITA-22041419310007-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (197kB)

Abstract

Latar belakang: Penambahan usia akan diiringi dengan penurunan kebugaran kardiorespirasi. Latihan fisik teratur memiliki manfaat memperbaiki kebugaran, kapasitas fisik dan kualitas hidup lansia. Latihan fisik yang umum diberikan pada populasi lansia adalah senam lansia. Dibandingkan dengan senam lansia, latihan hatha yoga memiliki gerakan yang perlahan, serta mengkombinasikan berbagai komponen latihan, termasuk endurans kardiorespirasi, latihan pernapasan, latihan keseimbangan, latihan propriosepsi, dan relaksasi, sehingga dapat menjadi alternatif latihan fisik lain untuk populasi lansia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara latihan hatha yoga dengan senam lansia terhadap kebugaran kardiorespirasi lansia.

Metode: Penelitian ini merupakan randomized controlled trial pre test and post test controlled group design. Metode pengacakan dilakukan dengan randomisasi sederhana. Sampel yang dianalisis sebanyak 26 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok hatha yoga (n = 13 orang) dan kelompok kontrol (n = 13 orang). Partisipan pada kelompok intervensi melakukan latihan hatha yoga dan kelompok kontrol mendapatkan senam lansia. Intervensi pada kedua kelompok dilakukan 3 kali seminggu selama 6 minggu. Konsumsi oksigen maksimal (VO2max) yang merupakan indikator kebugaran kardiorespirasi diukur dengan menggunakan uji jalan 6 menit (6MWT).

Hasil: Pada akhir penelitian, nilai rata-rata VO2max adalah 15,03 ± 2,63 ml/kg/menit pada kelompok latihan hatha yoga dan 13,82 ± 2,05 ml/kg/menit pada kelompok senam lansia dengan perbedaan yang signifikan intra kelompok. Peningkatan nilai VO2max sebelum dan sesudah intervensi adalah 1,83 ± 1,15 ml/kg/menit pada kelompok latihan hatha yoga dan 1,35 ± 1,04 ml/kg/menit pada kelompok senam lansia dengan perbedaan yang tidak bermakna antara kedua kelompok.

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara latihan hatha yoga dan senam lansia terhadap kebugaran kardiorespirasi lansia yang diukur dengan uji jalan 6 menit. Latihan hatha yoga dan senam lansia memiliki pengaruh yang sama dalam meningkatkan kebugaran kardiorespirasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Latihan Hatha Yoga, Senam Lansia, Lansia, Kebugaran Kardiorespirasi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:06
Last Modified: 25 Sep 2023 02:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item