Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara C-Terminal Propeptide of Procollagen Type I dan Fibrosis Miokardial yang Dinilai dengan Cardiac Magnetic Resonance Pada Pasien Intervensi Koroner Perkutan Primer

Wismiyarso, Destrian Ekoputro and Herry, Yan and Sobirin, Mochamad Ali (2023) Hubungan Antara C-Terminal Propeptide of Procollagen Type I dan Fibrosis Miokardial yang Dinilai dengan Cardiac Magnetic Resonance Pada Pasien Intervensi Koroner Perkutan Primer. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (DESTRIAN EKOPUTRO WISMIYARSO-22041717310003-TESIS-ABSTRAK)
DESTRIAN EKOPUTRO WISMIYARSO-22041717310003-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (42kB)

Abstract

Latar Belakang: Fibrosis merupakan kontributor utama terjadinya gagal jantung pada pasien sindroma koroner akut dengan elevasi segmen ST (SKA-EST) meskipun telah menjalani intervensi koroner perkutan primer (IKPP). Luas fibrosis dapat dinilai melalui pemeriksaan late gadolinium enhancement dari cardiac magnetic resonance (LGE-CMR). Proses fibrosis dapat dinilai dengan pemeriksaan carboxy-terminal propeptide of procollagen type I (PICP). Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menghubungkan keduanya, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara PICP dan fibrosis miokardial yang dinilai dengan LGE-CMR.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kohort prospektif, melibatkan pasien pasca SKA-EST yang menjalani IKPP yang berhasil. Pasien diperiksa kadar PICP pada hari ke-4 pasca SKA-EST dengan metode ELISA dan diperiksa LGE-CMR antara hari ke-60 sampai 75 pasca SKA-EST. Korelasi antara kadar PICP dan fibrosis miokardial dianalisis dengan uji Pearson.

Hasil: Terdapat total 31 subjek penelitian dengan rerata usia 52±10 tahun dengan mayoritas laki-laki (90%). Rerata total waktu iskemik pada penelitian ini 489±228 menit. Lokasi infark terbanyak di area non-anterior (58,1%) dengan 54,8% pasien dilakukan revaskularisasi komplit. Kadar PICP memiliki median 4,37 (0,68-26,68) ng/ml dengan rerata luas fibrosis dari pemeriksaan LGE-CMR adalah 18,33±7,87%. Didapatkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang antara kadar PICP dan luas fibrosis dari LGE-CMR (p=0,015, r=0,433).

Kesimpulan: Peningkatan kadar PICP memiliki korelasi positif berkekuatan sedang dengan luas fibrosis ventrikel kiri pada pasien SKA-EST yang dilakukan IKPP.

Kata kunci: carboxy-terminal propeptide of procollagen type I, fibrosis miokardial, late gadolinium enhancement, sindroma koroner akut dengan elevasi segmen ST, intervensi koroner perkutan primer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: carboxy-terminal propeptide of procollagen type I, fibrosis miokardial, late gadolinium enhancement, sindroma koroner akut dengan elevasi segmen ST, intervensi koroner perkutan primer.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:57
Last Modified: 25 Sep 2023 01:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16444

Actions (login required)

View Item View Item