Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Ekstrak Daun Sirih Merah terhadap Daya Hambat Pertumbuhan Jamur Malassezia Furfur

Nuari, Nabila and Lestari, Endang Sri and Antari, Arlita Leniseptaria (2023) Efektivitas Ekstrak Daun Sirih Merah terhadap Daya Hambat Pertumbuhan Jamur Malassezia Furfur. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

This is the latest version of this item.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Latar Belakang: Malassezia furfur adalah jamur pada kulit manusia yang merupakan flora normal dan dapat berubah menjadi patogen. M. furfur mengeluarkan senyawa yang menghambat melanogenesis kulit sehingga menyebabkan perubahan pigmentasi pada kulit yaitu pada penyakit pitiriasis versicolor. PV adalah penyakit jamur pada permukaan kulit berupa perubahan pigmen kulit yang disebabkan Malassezia sp. Prevalensi PV di Indonesia mencapai 50%. Beberapa penelitian mengenai antijamur dari bahan alami yang efektif melawan infeksi jamur adalah daun sirih merah (P. crocatum). Daun ini mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tannin, dan saponin yang dapat merusak komponen penyusun dinding sel jamur yang menyebabkan kematian sel sehingga menghambat pertumbuhan jamur.
Tujuan: Menganalisis efektivitas daun sirih merah (P. crocatum) terhadap daya hambat pertumbuhan jamur M.furfur dengan metode KHM dan KBM.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian post test only control group design sebanyak 36 sampel. Cara kerja dilakukan dengan mensterilkan alat dan bahan, mempersiapkan kultur M.furfur, membuat ekstrak daun sirih merah, melakukan uji fitokimia, membuat media uji SDA olive oil dan SDB olive oil, penanaman suspensi jamur pada media uji, serta menentukan kadar KHM dan KBM. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober hingga bulan Desember 2022. Analisis data menggunakan uji Kruskal-wallis dan uji Mann Whitney.
Hasil: Terdapat nilai efektivitas ekstrak daun sirih merah yang signifikan secara statistik antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan konsentrasi ekstrak 5%, 3,75%, 2,5%, 1,25%, 0,625%, 0,3125% yaitu p < 0,05 dan efektif pada konsentrasi 3,75%.
Kesimpulan: Ekstrak daun sirih merah memiliki efektivitas terhadap daya hambat pertumbuhan jamur M.furfur.
Kata Kunci: Efektivitas, Daun Sirih Merah, Daya hambat, Malassezia furfur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Daun Sirih Merah, Daya hambat, Malassezia furfur
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:19
Last Modified: 15 Jan 2024 07:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16435

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item