Search for collections on Undip Repository

PENYELESAIAN SENGKETA MEREK TERHADAP PRODUK KOSMETIK ASAL KOREA SELATAN MEREK SOME BY MI DENGAN PRODUK KOSMETIK ASAL INDONESIA MEREK SOMEBYMI (STUDI KASUS PUTUSAN PN JAKARTA PUSAT Nomor 67/Pdt.Sus-Merek/2020/PN NiagaJkt.PstTanggal 20 Nopember 2020)_149 Dagang 2023

EMMANUELA, MUTIARA AMANDA and Prananingtyas, Paramita and Irawati, Irawati (2023) PENYELESAIAN SENGKETA MEREK TERHADAP PRODUK KOSMETIK ASAL KOREA SELATAN MEREK SOME BY MI DENGAN PRODUK KOSMETIK ASAL INDONESIA MEREK SOMEBYMI (STUDI KASUS PUTUSAN PN JAKARTA PUSAT Nomor 67/Pdt.Sus-Merek/2020/PN NiagaJkt.PstTanggal 20 Nopember 2020)_149 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merek memiliki peranan yang cukup penting dalam kegiatan perdagangan sebab publik sering mengaitkan suatu kualitas atau reputasi barang dan jasa dengan merek tertentu, halini juga berkaitan dengan fungsi merek sebagai daya pembeda yang tidak diperkenankan memiliki persamaan antara satu dan lainnyabaik pada pokoknya maupun pada keseluruhannya disisi lain merek juga berfungsi sebagai identitas dari suatu barang ataupun jasa antara perusahaan. Merek yang telah diciptakan oleh seseorang atau badan hukum harus didaftarkan secara tertulis pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, terdaftar mengandung makna diakui sah dan dilindungi hukum. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami perbandingan persamaan merek pada pokoknya dan keseluruhannya berdasarkan pertimbangan majelis hakim pada kasus sengketa merek kosmetik “SOMEBYMI” Indonesia dengan “SOME BY MI” Korea. Metode pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini merupakan metode pendekatan yuridis normatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum primer, sekunder, dan juga tersier. Selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa merek yang telah berhasil di daftarkan akan mempunyai kekuatan hukum yang tetap sehingga merek tersebut tidak dapat digunakan oleh pihak lain, hal ini bertujuan agar persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek pihak lain tidak akan terjadi sebagai mana dalam kasus ini majelis hakim menilai bahwa PT Lumina Royal Eterna dengan merek “SOMEBYMI” Indonesia adalah pihak yang sahatas merek tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merek, Pendaftaran, Persamaan Pada Pokoknya Atau Keseluruhannya.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:30
Last Modified: 19 Oct 2023 04:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16429

Actions (login required)

View Item View Item