Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN PAKSA BARANG DEBITUR YANG DILAKUKAN KREDITUR BERDASARKAN KASUS PERKARA NOMOR 18/PDT.G/2017/PN PDG_150 Dagang 2023

FADHLURRAHMAN, RAY FATHUR and Njatrijani, Rinitami and Musyafah, Aisyah Ayu (2023) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN PAKSA BARANG DEBITUR YANG DILAKUKAN KREDITUR BERDASARKAN KASUS PERKARA NOMOR 18/PDT.G/2017/PN PDG_150 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konflik pembiayaan konsumen sering terjadi antara debitur dan kreditur, tak terkecuali pada kasus perkara Pengadilan Negeri Padang Nomor 18/Pdt.G/2017/PN Pdg yang mempertemukan Isra Mardianto sebagai konsumen melawan PT Mandiri Tunas Finance sebagai pelaku usaha yang memperkarakan tindakan semena-mena kreditur dalam pengambilan barang fidusia debitur. Hadirnya permasalahan ini dirangkum dalam tinjauan-tinjauan umum seputar kreditur dan debitur, perlindungan konsumen, jaminan fidusia, perbuatan melawan hukum, jasa penagih utang, dan pembiayaan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa secara yuridis mengenai perlindungan konsumen terhadap pengambilan paksa barang kreditur yang dilakukan kreditur berdasarkan kasus perkara Nomor 18/Pdt.G/2017/PN Pdg dan kesesuaian pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Padang dalam memutus putusan perkara Nomor 18/Pdt.G/2017/PN Pdg dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menunjukkan bahwa terdapat pelanggaran hak konsumen berupa perbuatan melawan hukum dalam penarikan paksa kendaraan bermotor berupa mobil sebagai barang fidusia yang terjadi antara Isra Mardianto sebagai konsumen atau debitur dan PT MTF sebagai pelaku usaha atau kreditur. Hakim dalam memutus perkara ini menggunakan pertimbangan yuridis dengan tidak memasukkan unsur non-yuridis sehingga membawa ke kesimpulan bahwa tergugat melanggar Pasal 1365 KUHPerdata, yang menyatakan bahwa perbuatan kreditur merupakan perbuatan yang dilakukan secara sengaja atau kurang hati-hati yang merugikan orang lain sehingga wajib untuk mengganti kerugian tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Fidusia, Perbuatan Melawan Hukum
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:33
Last Modified: 19 Oct 2023 04:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16415

Actions (login required)

View Item View Item