Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH APABILA TERJADI FRAUD DALAM LAYANAN PERBANKAN DIGITALDI INDONESIA_151 Dagang 2023

Rukdiana, Tasya Alipya and Njatrijani, Rinitami and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH APABILA TERJADI FRAUD DALAM LAYANAN PERBANKAN DIGITALDI INDONESIA_151 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi terus berinovasi, salah satunya dengan melakukan transformasi ke layanan perbankan digital. Namun, dengan berpindahnya layanan perbankan menjadi layanan perbankan digital memicu risiko baru yang dihadapi oleh bank. Digitalisasi tidak hanya akan menguntungkan nasabah di satu pihak, namun juga akan menjadi kesempatan bagi target pelaku Fraud . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap nasabah dan bagaimana tanggung jawab bank apabila terjadi Fraud dalam layanan perbankan digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum yuridis empiris dan menggunakan metode kualitatif dalam mengolah data primer. Tinjauan Pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan umum tentang bank, tinjauan umum tentang digitalisasi perbankan, tinjauan umum tentang Fraud, dan tinjauan umum tentang perbuatan melawan hukum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap nasabah apabila terjadi Fraud dalam layanan perbankan digital diatur oleh POJK No 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Hukum Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan. Adanya POJK tersebut sebagai induk peraturan perlindungan nasabah perbankan di Indonesia yang mencakup perlindungan preventif dan perlindungan represif. Perlindungan preventif berupa perlindungan nasabah dalam upaya mencegah terjadinya Fraud dengan cara menerapkan prinsip-prinsip perlindungan nasabah seperti membuat manajemen risiko yang didalamnya terdapat penerapan strategi anti Fraud. Sedangkan perlindungan represif berupa tanggung jawab yang dilakukan bank apabila terjadi Fraud seperti memberikan penanganan pengaduan, pertanggungjawaban di jalur litigasi dan non-litigasi, hingga pemberian ganti rugi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum nasabah, layanan perbankan digital, Fraud.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:53
Last Modified: 19 Oct 2023 05:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16411

Actions (login required)

View Item View Item