Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN COPING PADA MAHASISWA KARYAWAN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS X SEMARANG

Aliyah, Lulu and Kristiana, Ika Febrian (2023) HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN COPING PADA MAHASISWA KARYAWAN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS X SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
REPOSITORI_Lulu Aliyah_15000119130092.pdf

Download (155kB)

Abstract

Salah satu faktor yang menunjang keberlangsungan coping adalah kemampuan emotional intelligence. Emotional intelligence memiliki peran penting dalam mengarahkan emosi sehingga individu mampu berperilaku dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan emotional intelligence dan coping pada mahasiswa karyawan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas X Semarang. Populasi penelitian tidak diketahui secara pasti jumlahnya dengan sampel penelitian sebanyak 67 mahasiswa berdasarkan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Assessing Emotion Scale (AES) (28 aitem valid, α = 0,95) dan Skala Brief Cope versi Indonesia (28 aitem valid, α = 0,89). Hasil analisis data yang digunakan adalah uji Spearman Rho dengan hasil terdapat hubungan positif antara emotional intelligence dan coping pada mahasiswa karyawan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas X Semarang (rs= 454, p < 0,05). Hasil penelitian ini dapat menjadi saran untuk mahasiswa karyawan diharapkan dapat memaksimalkan penerapan emotional intelligence untuk memilih penanggulangan stress dalam menghadapi beban kerja dan kuliah serta memaksimalkan peran dosen wali di univeritas dan supervisor di tempat bekerja untuk menjadi fasilitator mahasiswa karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:11
Last Modified: 05 Feb 2024 02:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item