Search for collections on Undip Repository

Analisis Kadar Reactive Oxygen Species (ROS) dan Superoxide Dismutase 3 (SOD3) Penumpang Bio smart and Safe Bus dan Bus Reguler

Nuraeni, Ai Devi and Sadhana, Udadi and Prasetyo, Awal (2023) Analisis Kadar Reactive Oxygen Species (ROS) dan Superoxide Dismutase 3 (SOD3) Penumpang Bio smart and Safe Bus dan Bus Reguler. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK- THESIS)
Ai Devi Nuraeni- 22010120420036-ABSTRAK.pdf

Download (239kB)

Abstract

Latar Belakang: Biosmart and safe bus’ adalah bus yang menerapkan konsep patobiologi untuk mengurangi penularan virus. sistem ventilasi yang digunakan pada bus ini menggunakan sistem rekayasa aliran udara yang dibuat laminar. selain itu dilakukan rekayasa kabin bus secara “smart” dalam hal ‘physical distancing’, penggunaan heap filter dan penyinaran UV, serta aplikasi nanosilver pada seluruh permukaan kabin bus. bus ini juga dilengkapi dengan masker herbal ACHADANA. Terobosan konsep baru pada bus bis smart and safe bus diharapkan dapat membuat keadaan dalam bus homeostatis/ seimbang.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kadar ROS dan SOD3 antara penumpang Biosmart dan bus aman dengan penumpang bus reguler.
Metode: Uji coba kontrol pre dan posttest acak menggunakan delapan puluh penumpang secara acak dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok kontrol (n=40) menggunakan bus reguler, dan kelompok intervensi menggunakan Biosmart dan bus aman (n=40). Pencucian hidung dilakukan oleh spesialis THT, dan kadar Sinonasal ROS dan SOD3 diinterpretasikan dengan ELISA. Data dianalisis dengan menggunakan Mann Whitney, Wilcoxon, Independent t-test dan Paired t-test.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar SOD3 pada sampel penumpang bus Biosmart and safe bus (0,32 ± 0,85) lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang bus reguler. Sedangkan pada total sampel terdapat hubungan yang signifikan dengan arah hubungan yang positif dan kekuatan yang lemah. Sehingga disimpulkan bahwa peningkatan SOD3 berkorelasi signifikan dengan ROS dengan arah positif dan kekuatan yang lemah, artinya peningkatan kadar SOD3 akan menurunkan kadar ROS.
Kata Kunci: ROS, SOD3, ELISA, ACHADANA

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ROS, SOD3, ELISA, ACHADANA
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Biomedical Science
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:21
Last Modified: 20 Sep 2023 03:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16372

Actions (login required)

View Item View Item