Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBAJAKAN BUKU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI DI JAKARTA PUSAT)_192 DG 2023

MAGDALENA, MEGANAULI and Santoso, Budi and Irawati, Irawati (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBAJAKAN BUKU DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (STUDI DI JAKARTA PUSAT)_192 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Meganauli Magdalena_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_abstrak.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
Meganauli Magdalena_dapus.pdf

Download (625kB)

Abstract

Penggandaan karya cipta buku secara ilegal atau biasa disebut pembajakan buku masih saja ditemui bahkan di kota-kota besar terutama di Kawasan Senen, Jakarta Pusat. Kawasan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat karena sudah berdiri selama puluhan tahun. Beberapa faktor yang menyebabkan pembajakan buku seperti kurangnya pemahaman masyarakat akan penghormatan atas karya cipta buku serta ketidakpedulian pedagang buku bajakan atas tindakannya yang menyebabkan kerugian mengakibatkan kegiatan jual beli buku bajakan sulit diberantas. Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui bagaimana penerapan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta sebagai bentuk perlindungan hukum terhadap pembajakan buku yang hingga saat ini masih saja terjadi terutama di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, kedua untuk mengetahui apa saja upaya yang dapat dilakukan para pihak seperti pemegang hak cipta, masyarakat, dan pemerintah untuk memberantas buku bajakan yang diperjualbelikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan meneliti data sekunder yang diperoleh melalui Penelitian Lapangan dan data primer dari Penelitian Kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, perlindungan karya cipta buku diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Pada kenyataannya penerapan undang-undang tersebut belum sepenuhnya terlaksana karena para pedagang serta pembeli menormalkan adanya buku bajakan yang menyebabkan pemegang hak cipta tidak dapat menikmati hak ekonominya secara maksimal. Delik aduan yang diberlakukan juga dirasa kurang efektif karena dinilai memberatkan pemegang hak cipta. Dalam memberantas pembajakan buku diperlukan adanya upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh semua pihak terlebih kesadaran masyarakat akan pentingnya menghargai suatu karya cipta buku dengan tidak membeli buku bajakan. Pemberantasan terhadap buku bajakan akan berjalan efektif jika adanya kerjasama semua pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 18 Sep 2023 08:21
Last Modified: 24 Oct 2023 02:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item