Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Family Supportive Supervisor Behavior dan Psychological Well-Being pada Karyawan PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jateng & DIY di Kota Semarang

Kurniawansyah, Andi and Prihatsanti, Unika (2023) Hubungan Antara Family Supportive Supervisor Behavior dan Psychological Well-Being pada Karyawan PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jateng & DIY di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Repository_Andi Kurniawansyah.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian korelasional ini menguji hubungan FSSB dan psychological well-being. Karyawan PT. PLN (Persero) UID Jateng & DIY dengan 70 karyawan sebagai sampel berpartisipasi dalam penelitian. Topik penelitian tentang psychological well-being di ranah industri sedang disarankan oleh peneliti sebelumnya pada tahun 2023 yang menyarankan peneliti selanjutnya agar meneliti variabel lain di ranah industri sebagai faktor yang memengaruhi psychological well-being pada karyawan. Urgensi penelitian psychological well-being berdampak pada beberapa aspek yang dapat menguntungkan atau merugikan perusahaan. Penelitian menggunakan teknik convenience sampling dan analisis statistik non parametrik yaitu Spearman’s Rho. Skala FSSB memiliki 14 aitem (α = 0,950) dan skala psychological well-being memiliki 32 aitem (α = 0,916). Hasil uji hipotesis adalah adanya hubungan positif yang signifikan antara FSSB dan psychological well-being (p = 0,004) dan nilai koefisien korelasi 0,320. Penelitian menyatakan semakin tinggi FSSB yang diterima oleh karyawan maka semakin tinggi pula psychological well-being pada karyawan dan rendahnya FSSB diikuti psychological well-being yang rendah pada karyawan.

Kata kunci: psychological well-being, family supportive supervisor behavior, karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:35
Last Modified: 05 Feb 2024 03:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item