Search for collections on Undip Repository

PHENOMENOLOGICAL STUDY OF AGE SEGMENT CONSIDERATIONS IN USING HEXOHM E-CIGGARETTES PRODUCTS

MAHESWARA, Casca Rafi Maheswara (2023) PHENOMENOLOGICAL STUDY OF AGE SEGMENT CONSIDERATIONS IN USING HEXOHM E-CIGGARETTES PRODUCTS. Undergraduate thesis, UNDIP : Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119190330.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119190330.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119190330.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119190330.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119190330.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119190330.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

A Sebanyak 41% konsumen vape dikategorikan berpenghasilan tinggi, sementara
36% dikategorikan berpenghasilan menengah dan 24% dikategorikan berpenghasilan
rendah di Indonesia. Hexohm merupakan produk vape yang memiliki nilai prestise
tinggi di kalangan konsumennya karena produk Hexohm diibaratkan sebagai
“Ferrari” di dunia perangkat vape. Namun dalam pangsa pasar rokok elektrik di
Indonesia, Hexohm tidak menduduki peringkat pertama, melainkan masih
menduduki peringkat lima merek rokok elektrik terlaris di Indonesia. Pada preferensi
setiap generasi diketahui adanya perbedaan keputusan pembelian dalam pembelian
pengguna rokok elektrik antar generasi sehingga mereka memutuskan untuk
melakukan keputusan pembelian merek vape yang mewah dan eksklusif.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 4
informan pada segmen usia yang berbeda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa temuan dalam penelitian ini juga dapat
memecahkan fenomena permasalahan yang ada dilatarbelakangi masalah terkait
rendahnya pangsa pasar Hexohm di Indonesia. Dalam temuan penelitian ini
diperoleh hasil bahwa pada pasar sasaran Hexohm yang merupakan barang dan
perangkat prestise yang memiliki harga tinggi, dengan kata lain konsumen dalam
mengambil keputusan pembeliannya sendiri akan diurutkan berdasarkan kriteria
evaluatif yaitu harga. Kemudian pada kasus penelitian ini yang menitikberatkan pada
faktor pertimbangan segmen tertentu, yang menunjukkan bahwa seluruh segmen usia
tertentu menyatakan bahwa informan tidak membutuhkan perangkat lain ketika
menggunakan Hexohm sebagai produk vape. Dengan kata lain, temuan dalam
penelitian ini juga dapat mengatasi fenomena permasalahan yang ada dimana
meskipun pangsa pasar Hexohm di Indonesia rendah, namun telah menanamkan
loyalitas yang tinggi di benak konsumennya berdasarkan temuan dalam penelitian
ini. Dengan kata lain, Hexohm tetap mengunggulkan produk vape/perangkat vape
yang memiliki performa unggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, E-Rokok, Hexohm.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:19
Last Modified: 16 Sep 2023 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item View Item