Search for collections on Undip Repository

AMANAT ANIME MIMI O SUMASEBA KARYA SUTRADARA YOSHIFUMI KONDO (KAJIAN STRUKTURAL-SEMIOTIK) 近藤喜文監督アニメ『耳をすませば』の倫理観 構造記号論研究

Hanifah Marwah Tierdinani, Hanifah (2023) AMANAT ANIME MIMI O SUMASEBA KARYA SUTRADARA YOSHIFUMI KONDO (KAJIAN STRUKTURAL-SEMIOTIK) 近藤喜文監督アニメ『耳をすませば』の倫理観 構造記号論研究. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
FULL TEXT Skripsi_Hanifah Marwah Tierdinani - Hanifah Marwah Tierdinani.docx

Download (187kB)

Abstract

INTISARI
Tierdinani, Hanifah Marwah. 2023. “Amanat Anime Mimi o Sumaseba Karya Yoshifumi Kondo; Kajian Struktural-Semiotik”. Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Semarang, Dosen Pembimbing Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum. Penelitian ini mengkaji amanat dalam anime Mimi o Sumaseba.
Objek material yang dikaji adalah anime Mimi o Sumaseba karya sutradara Yoshifumi Kondo yang tayang pada 15 Mei 1995 di Jepang. Kemudian, yang menjadi objek formal pada penelitian ini adalah amanat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan amanat yang ada dalam anime Mimi o Sumaseba yang juga termasuk kedalam penelitian studi pustaka. Metode yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua teori penunjang yaitu, teori struktur naratif Himawan Pratista yang digunakan sebagai dasar mengenali unsur naratif anime Mimi o Sumaseba kemudian hasilnya digunakan sebagai landasan lanjutan untuk pendekatan semiotika Roland Barthes dalam menentukan amanat pada naratif anime Mimi o Sumaseba.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, penelitian ini menunjukkan anime Mimi o Sumaseba memberikan amanat tentang bagaimana seseorang tidak perlu takut untuk berubah dan berusaha menemukan jati dirinya. Anime ini menyampaikan pesan kepada para penonton yang masih belum mengetahui keinginan atau cita-cita mereka sendiri juga mengingatkan para penonton dewasa akan pengalaman yang serupa.
Kata Kunci: Amanat, Anime, Mimi o Sumaseba, Struktural, Semiotik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:01
Last Modified: 15 Sep 2023 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16305

Actions (login required)

View Item View Item