Search for collections on Undip Repository

Hardiness pada Remaja Yatim Piatu yang Tinggal dan Diasuh di Panti Asuhan: Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologi Interpretatif

Ananda, Aisya and Desiningrum, Dinie Ratri (2023) Hardiness pada Remaja Yatim Piatu yang Tinggal dan Diasuh di Panti Asuhan: Sebuah Studi Kualitatif Fenomenologi Interpretatif. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Aisya Ananda.pdf

Download (415kB)

Abstract

Hardiness adalah susunan kepribadian yang mengambarkan suatu pembiasaan yang lebih optimistis pada sesuatu yang menimbulkan stres. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengalaman hardiness pada remaja yatim piatu yang tinggal dan diasuh di panti asuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi interpretatif. Metode pengambilan data melalui wawancara semi terstruktur. Subjek dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek berjumlah empat orang yang memiliki karakteristik seorang remaja yatim piatu yang berada di rentang remaja pertengahan dan tinggal di panti asuhan selama minimal lima tahun atau lebih. Hasil penelitian menghasilkan empat tema induk yaitu kehidupan dan relasi subjek dengan lingkungan sekitar di panti asuhan, kesulitan yang dialami sebagai yatim piatu, faktor pembentuk ketangguhan, dan bentuk ketangguhan yang dimiliki subjek. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek memiliki pengalaman hardiness masing-masing yang dipengaruhi beberapa faktor seperti dorongan lingkungan sekitar yaitu kerabat, orang tua asuh dan teman-teman di panti asuhan, kemampuan menyelesaikan masalah, serta proses penerimaan akan kondisi saat ini.

Kata kunci: hardiness, remaja, yatim piatu, fenomenologi, interpretatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:15
Last Modified: 05 Feb 2024 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16272

Actions (login required)

View Item View Item