Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN STRES PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Al Barra, Muhammad Mu'adz and Indriana, Yeniar (2023) HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME DENGAN STRES PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Muadz Al Barra_Abstrak.pdf

Download (101kB)

Abstract

Mahasiswa tahun pertama dihadapkan dengan permasalahan maupun tuntutan baru dalam masa perkuliahannya. Berbagai permasalahan tersebut dapat menimbulkan stres jika tidak dihadapi dengan baik oleh mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan yang dapat membantu mahasiswa menjalani kesehariannya dalam perkuliahan. Salah satu kemampuan yang dapat dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam perkuliahan adalah optimisme.
Optimisme mampu membantu dalam menghadapi permasalahan dengan memberikan cara pandang yang lebih baik dan keyakinan pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dengan stres pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 353 mahasiswa menjadi populasi dan 177 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik simple random sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan Skala
Optimisme (35 aitem, α= 0,931) dan Skala Stres (32 aitem, α= 0,926). Analisis data menggunakan teknik non parametrik Spearman’s Rho dengan hasil menunjukkan hubungan
negatif yang signifikan antara optimisme dengan stres (rxy = -0,448; p = < 0,001). Semakin tinggi optimisme, maka semakin rendah stres.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:56
Last Modified: 05 Feb 2024 02:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16271

Actions (login required)

View Item View Item