Search for collections on Undip Repository

Tantangan Menjadi Terapis Okupasional Menangani Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme: Interpretative Phenomenological Analysis

Wuryaningrum, Dita and La Kahija, Yohanis F. (2023) Tantangan Menjadi Terapis Okupasional Menangani Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme: Interpretative Phenomenological Analysis. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak Repository_Dita Wuryaningrum.pdf

Download (43kB)

Abstract

Gangguan spektrum autisme merupakan gangguan yang ditandai dengan pola perilaku, minat, maupun aktivitas yang terbatas atau berulang dilakukan. Salah satu pihak yang berperan dalam pengembangan kemandirian anak dengan gangguan spektrum autisme adalah terapis okupasional. Penelitian terkait pengalaman terapis okupasional yang menangani anak dengan gangguan spektrum autisme masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendalami pengalaman diri ketika menangani anak dengan gangguan spektrum autisme, gejolak perasaan sebagai terapis, upaya pengontrolan diri sebagai terapis terhadap berbagai gejolak yang muncul, serta pengembangan diri yang dialami ketika menangani anak dengan gangguan spektrum autisme. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode wawancara yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur dan analisis data didapatkan melalui metode interpretative phenomenological analysis (IPA). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan 10 tema superordinat, yakni (1) Kelekatan bersama anak dengan ASD, (2) Kesulitan dalam menerapi, (3) Kreativitas sebagai tuntutan terapis, (4) Pengendalian emosi sebagai terapis, (5) Kebersyukuran menjadi terapis, (6) Keraguan diri ketika menerapi, (7) Diri yang dirasa berkembang, (8) Dampak positif dalam kehidupan terapis, (9) Upaya penyembuhan diri, dan (10) Upaya menghadapi tantangan bersama anak dengan ASD. Hasil penelitian ini menunjukkan tantangan sekaligus kesempatan yang dialami terapis okupasional ketika menangani anak dengan ASD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:20
Last Modified: 05 Feb 2024 02:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16269

Actions (login required)

View Item View Item