Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERCEIVED SUPERVISOR SUPPORT DENGAN JOB CRAFTING PADA TENAGA PENJUAL (SALESPERSON) DI PT BERDIKARI MOTOR JAYA KABUPATEN MAJALENGKA

Maulida, Fitria and Sawitri, Dian Ratna (2023) HUBUNGAN PERCEIVED SUPERVISOR SUPPORT DENGAN JOB CRAFTING PADA TENAGA PENJUAL (SALESPERSON) DI PT BERDIKARI MOTOR JAYA KABUPATEN MAJALENGKA. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Fitria Maulida_Abstrak_15000119130099.pdf

Download (119kB)

Abstract

PT Berdikari Motor Jaya merupakan dealer resmi Honda terbesar di Kabupaten Majalengka yang selama tahun 2018-2020 mengalami penurunan penjualan. Perusahaan yang terkait dengan industri otomotif mengandalkan salesperson sebagai kunci dari kesuksesan perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen. Salesperson di PT Berdikari Motor Jaya Kabupaten Majalengka menyebutkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam melakukan penjualan serta kesulitan mengatur tugas yang menumpuk. Selain itu, mereka juga mengalami ketidakpuasan terhadap dukungan supervisor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perceived supervisor support dengan job crafting pada tenaga penjual (salesperson) di PT. Berdikari Motor Jaya Kabupaten Majalengka. Populasi pada penelitian ini adalah salesperson di PT. Berdikari Motor Jaya Kabupaten Majalengka sebanyak 97 salesperson. Sampel dalam penelitian sebanyak 97 salesperson (40,2% perempuan). Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Perceived Supervisor Support (32 aitem, α = 0,98) dan Skala Job Crafting (31 aitem, α = 0,96). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,75 dengan signifikansi p = 0,00 (p < 0,05) yang memberikan gambaran bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara perceived supervisor support dengan job crafting pada tenaga penjual (salesperson) di PT. Berdikari Motor Jaya Kabupaten Majalengka. Artinya, semakin tinggi perceived supervisor support, maka semakin tinggi job crafting. Variabel perceived supervisor support memiliki koefisien determinasi sebesar 0,57, artinya perceived supervisor support memiliki sumbangan efektif sebesar 57% terhadap job crafting dan sisanya sebesar 43% ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:47
Last Modified: 05 Feb 2024 02:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16243

Actions (login required)

View Item View Item