Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI HUKUM KETIDAKPATUHAN GUDANG BARU TERHADAP PUTUSAN MA DALAM PERKARA SENGKETA MEREK DAGANG DENGAN GUDANG GARAM. -117 Dagang 2023

Dhafin, Muhammad and Saptono, Hendro and Mas’ut, Mas’ut (2023) IMPLIKASI HUKUM KETIDAKPATUHAN GUDANG BARU TERHADAP PUTUSAN MA DALAM PERKARA SENGKETA MEREK DAGANG DENGAN GUDANG GARAM. -117 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Merek memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga persaingan usaha yang sehat.Pelanggaran atas merek termasuk didalamnya pelanggaran merek di Indonesia dapat dimasukkan sebagai kasus kriminal maupun perdata.Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pertimbangan hakim dalam Putusan MA Nomor 104 PK/Pid.Sus/2015 dan Putusan MA Nomor 119 PK/Pdt.Sus-HKI/2017 dalam perkara sengketa merek dagang dan implikasi hukum ketidakpatuhan Gudang Baru terhadap Putusan MA Nomor 104 PK/Pid.Sus/2015 dan Putusan MA Nomor 119 PK/Pdt.Sus-HKI/2017 dalam perkara sengketa merek dagang dengan PT Gudang Garam Tbk. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif.Data yang dikumpulkan berasal dari data sekunder. Metode analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertimbangan Hakim dalam Putusan MA Nomor 104 PK/Pid.Sus/2015 adalah memutus sengketa merek Gudang Garam dan Gudang Baru bahwa terdapat hal mendasar yang menjadi penyebab terjadinya Dissenting opinion hakim Mahkamah Agung yaitu terkait penyelesaian sengketa merek antara ranah pidana dan perdata, serta perhitungan mengenai awal dalam penentuan daluwarsa.Sedangkan, pada Putusan MA Nomor 119 PK/Pdt.Sus-HKI/2017 jelas bahwa dalam Perkara Sengketa Merek Dagang produk Tergugat tersebut telah menimbulkan kebingungan masyarakat dengan merugikan merek rokok Gudang Garam merupakan produk Gudang Garam milik Penggugat dan secara yuridis hak atas suatu merek hanya diberikan kepada pendaftaran yang beritikad baik. Implikasi hukum ketidakpatuhan Gudang Baru terhadap Putusan MA Nomor 104 PK/Pid.Sus/2015 dan Putusan MA Nomor 119 PK/Pdt.Sus-HKI/2017 dalam Perkara Sengketa Merek Dagang dengan PT Gudang Garam Tbk adalah sebenarnya putusan pengadilan niaga dan peninjauan kembali dalam sengketa tersebut telah memberikan perlindungan hukum yang kuat bagi PT. Gudang Garam Tbk. Hal tersebut dikarenakan pada putusan Mahkamah Agung Nomor 119 PK/Pdt.Sus-HKI/2017 hanya memerintahkan pembatalan merek Gudang Baru sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pelanggaran merek kedepannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gudang Baru, Gudang Garam,Implikasi Hukum, Sengketa Merek.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:38
Last Modified: 23 Oct 2023 04:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16231

Actions (login required)

View Item View Item