Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI SECARA SHARE IN JAR TERHADAP PRODUK BODYCARE DI INDONESIA_118 Dagang 2023

Adriawan, Nicko and Mahmudah, Siti and Rahmanda, Bagus (2023) TINJAUAN YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI SECARA SHARE IN JAR TERHADAP PRODUK BODYCARE DI INDONESIA_118 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman memberikan banyak kemudahan terhadap pelaku usaha dan konsumen termasuk juga beragamnya produk yang dijual. Salah satunya produk bodycare yang menarik perhatian banyak orang. Inovasi yang berkembang terhadap produk itu menjadikan produk bodycare tersebut menjadi kemasan share in jar. Produk share in jar ini memiliki banyak dampak yang kurang baik bagi konsumen seperti menimbulkan infeksi, jerawat dan ruam di wajah. Lebih cepatnya teroksidasi, memndahkan produk dari kemasan asli ke kemasan lain bisa membuat kandungan produk teroksidasi lebih cepat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui, menjelaskan, menganalisis tentang pengaturan penjualan share in jar di Indonesia. Metode Pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode analisis data yakni dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deduktif. Menurut ketentuan pasal 65 Undang-Undang No 7 Tahun 2014 tentang perdagangan ialah setiap pelaku usaha tidak diperbolehkan memperdagangkan barang dan/atau jasanya tidak sesuai data dan/atau informasi, jika terdapat ketidak sesuaian antara barang dan/atau jasa yang telah di informasikan ke konsumen maka dapat diberi sanksi seperti sanksi administratif yaitu dicabutnya izin dari pelaku usaha tersebut. Perlindungan bagi konsumen sangat penting dari adanya produk share in jar, maka dari itu upaya yang dilakukan merupakan upaya preventif dan represif seperti memperhatikan kebersihan produk, keaslian produk dan tanggal kadaluarsa produk tersebut. Upaya represif yang diberikan pemerintah yaitu berupa sanksi administratif bagi pelaku usaha yang melanggar dan merugikan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Perlindungan Konsumen, Share in jar
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:39
Last Modified: 23 Oct 2023 05:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item View Item