Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Produk dengan Loyalitas Konsumen Mie Instan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Fauzah, Anisah Ulfah and Mujiasih, Endah (2023) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Produk dengan Loyalitas Konsumen Mie Instan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (27kB)

Abstract

Konsumsi mie instan yang berlebihan dalam jumlah besar dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti obesitas, hiperkolesterolemia, hipertensi, maag, radang, dan penyakit penurunan transmisi sinyal di otak. Meskipun mengetahui dampak negatif dalam mengonsumsi mie instan, masyarakat pada umumnya terutama mahasiswa masih mengonsumsinya setiap hari. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan loyalitas konsumen mie instan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Metode simple random sampling digunakan untuk mengumpulkan sampel penelitian dari 156 responden. Pengumpulan data dilaksanakan memakai dua skala, yaitu Skala Persepsi Kualitas Produk (33 item, α = 0,906) dan Skala Loyalitas Konsumen (24 item, α = 0,877) yang diuji pada 30 siswa. Hasil uji Spearman's Rho menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara persepsi terhadap kualitas produk dan loyalitas konsumen (r = 0,776; p < 0,000). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa persepsi positif terhadap kualitas produk akan membuat loyalitas konsumen meningkat. Sebaliknya, persepsi negatif terhadap kualitas produk akan membuat loyalitas konsumen menurun.

Kata kunci: persepsi terhadap kualitas produk, loyalitas konsumen, konsumen mie instan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:47
Last Modified: 05 Feb 2024 02:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item