Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA KARYAWAN HEAD OFFICE PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL REFINERY UNIT IV CILACAP

Astaradina, Ayisha Nabila Putri and Mujiasih, Endah (2023) HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA KARYAWAN HEAD OFFICE PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL REFINERY UNIT IV CILACAP. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Ayisha Nabila Putri Astaradina_Abstrak_15000119120021.pdf

Download (112kB)

Abstract

Karyawan dituntut untuk menghasilkan sesuatu bagi perusahaan tempat mereka bekerja. Setiap bidang memiliki tuntutan dan tanggung jawabnya masing-masing, tetapi kerap kali karyawan diminta untuk menyelesaikan banyak tugas dalam satu waktu, sehingga dianggap sebagai beban kerja. Ketika individu memandang beban kerja secara positif, mereka akan menyukai pekerjaan yang diberikan sehingga stres kerja yang dirasakan akan tergolong rendah. Rendah atau absennya stres kerja yang dirasakan mengindikasikan individu memiliki psychological well-being yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anara beban kerja dengan psychological well-being pada karyawan head office PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit IV Cilacap. Subjek pada penelitian melibatkan karyawan head office PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit IV Cilacap sejumlah 119 subjek yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Skala Beban Kerja (21 butir, α= 0,878) dan Skala Psychological Well-Being (26 butir, α= 0,891). Analisis data dengan Spearman’s Rho yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara beban kerja dengan psychological well-being (rxy= 0,776, p= 0,000).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:52
Last Modified: 05 Feb 2024 03:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16225

Actions (login required)

View Item View Item