Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN GAYA HIDUP SEDENTARI, PENGETAHUAN GIZI, DAN KEBIASAAN KONSUMSI JAJANAN DENGAN PERSEN LEMAK TUBUH (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2023)

SAFITRI, GITA AMALIA REZA (2023) HUBUNGAN GAYA HIDUP SEDENTARI, PENGETAHUAN GIZI, DAN KEBIASAAN KONSUMSI JAJANAN DENGAN PERSEN LEMAK TUBUH (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Tahun 2023). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO GITA.pdf - Published Version

Download (445kB)

Abstract

Mahasiswa berada pada usia dewasa muda atau disebut dengan masa transisi. Pada masa ini salah satu gangguan kesehatan yang dapat terjadi yaitu kelebihan berat badan yang dapat ditandai dengan tingginya persen lemak tubuh. Persen lemak tubuh yang tinggi dapat dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan gaya hidup sedentari, pengetahuan gizi dan kebiasaan konsusmsi jajanan dengan persen lemak tubuh. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 371 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat yang berusia 19-23 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 76 mahasiswa. Variabel persen lemak tubuh diukur menggunakan inner scan, gaya hidup sedentari diukur dengan SBQ, pengetahuan gizi diukur dengan kuesioner pengetahuan gizi, dan kebiasaan konsumsi jajanan diukur dengan SQ-FFQ. Data yang dihasilkan kemudian diolah menggunakan rank spearman. Didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki kategori persen lemak tubuh healthy (55,3%), gaya hidup sedentari weekday dan weekend tergolong tinggi (92,1% dan 94,7%), kebiasaan konsumsi jajanan tergolong jarang (42,2%). Terdapat hubungan kebiasaan konsumsi jajanan dengan persen lemak tubuh dan korelasi bernilai positif (p=0,046, r=0,229). Artinya semakin banyak konsumsi jajanan ultra proses, maka semakin tinggi persen lemak tubuh. Sedangkan variabel gaya hidup sedentari weekday dan weekend serta pengetahuan gizi tidak berhubungan dengan persen lemak tubuh. Mahasiswa disarankan untuk tidak sering mengonsumsi jajanan ultra proses atau tidak lebih dari tiga kali dalam satu hari.

Kata Kunci: persen lemak tubuh, gaya hidup sedentari, pengetahuan gizi, kebiasaan konsumsi jajanan, mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:15
Last Modified: 20 Sep 2023 08:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16171

Actions (login required)

View Item View Item