Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERTANGGUNG ASURANSI BEASISWA AKIBAT GAGAL BAYAR ATAS KLAIM PADA AJB BUMIPUTERA.-123 Dagang 2023

Ramadhanti, Salsabila and Njatrijani, Rinitami and R. Suharto, R. Suharto (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERTANGGUNG ASURANSI BEASISWA AKIBAT GAGAL BAYAR ATAS KLAIM PADA AJB BUMIPUTERA.-123 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sejaktahun 2019, AJB Bumiputera diketahui terlambat membayarkan klaim para pemegang polisnya. Adanya keterlambatan pembayaran klaim ini merugikan hak - hak seorang Tertanggung sebagai konsumen pengguna jasa asuransi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembayaran klaimTertanggung AJB Bumiputera Cabang Depok serta untuk mengetahui berbagai bentuk perlindungan hukum konsumen yang dapat ditempuhTertanggung yang mengalami keterlambatan pembayaran klaim.
MetodePenelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa AJB Bumiputera telah melakukan dua upaya penyelesaianya itudengansistempembayaranklaimsecaraantriansertaberupayamembuatRencanaUpayaPenyehatanKeuangan (RPK) Perusahaan. Kesimpulannyadalamimplementasimasihterdapattertanggung yang belumterbayarkanklaimnya. Dan beberapaperaturanperundang-undangan di Indonesia telah mengakomodir berbagai bentuk perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa asuransi yang terimbas keterlambatan pembayaran klaim.
Kata Kunci :Asuransi, Klaim, Perlindungan Hukum, Implementasi Pembayaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:11
Last Modified: 25 Oct 2023 05:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item