Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI DENGAN KONTAMINASI ESCHERICHIA COLI PADA MAKANAN JAJANAN KANTIN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK

SARI, ANIKA ARUM (2023) HUBUNGAN PRAKTIK HIGIENE SANITASI DENGAN KONTAMINASI ESCHERICHIA COLI PADA MAKANAN JAJANAN KANTIN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANIKA.pdf - Published Version

Download (487kB)

Abstract

Pada tahun 2022, hasil pemantauan pihak Puskesmas Nganjuk terhadap praktik higiene sanitasi menunjukkan bahwa terdapat 9 dari 19 kantin yang belum memenuhi syarat kesehatan di Sekolah Dasar Kecamatan Nganjuk. Sehubungan dengan ini, aspek higiene sanitasi yang kurang baik memungkinkan kontaminasi Escherichia coli pada makanan. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan praktik higiene sanitasi dengan kontaminasi Escherichia coli pada makanan jajanan kantin sekolah dasar di Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah observasional dengan desain studi cross sectional terhadap variabel bebas (personal higiene penjamah, sanitasi alat, kualitas bahan makanan, proses penyajian, sarana penjaja, dan sanitasi TPM) dan variabel terikat (kontaminasi bakteri Escherichia coli) dengan populasi penelitian sebanyak 19 kantin sekolah, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 12 kantin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 kantin sekolah dasar di Kecamatan Nganjuk, sebanyak 7 (58,3%) kantin telah memenuhi syarat kontaminasi Escherichia coli. Hasil analisis bivariat menemukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara personal higiene penjamah (p value=0,015), sanitasi alat (p value =0,028), proses penyajian (p value =0,010), sarana penjaja (p value=0,045) dengan kontaminasi Escherichia coli, dan tidak ada hubungan yang signifikan antara kualitas bahan makanan (p value=0,222) dan sanitasi TPM (p value=1,000) dengan kontaminasi Escherichia coli.

Kata Kunci : Higiene, Sanitasi, Makanan Jajanan, Escherichia coli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:00
Last Modified: 20 Sep 2023 08:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item