Search for collections on Undip Repository

ANALISIS HUKUM PENYELESAIAN PERMASALAHAN TIDAK TERBAYARNYA ANGSURAN ALAT BERAT PADA PERUSAHAAN LEASING PT BFI FINANCE TBK_124 Dagang 2023

Oktavia, Natasya and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2023) ANALISIS HUKUM PENYELESAIAN PERMASALAHAN TIDAK TERBAYARNYA ANGSURAN ALAT BERAT PADA PERUSAHAAN LEASING PT BFI FINANCE TBK_124 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu aspek yang penting untuk bersaing dalam pengembangan bisnis adalah memiliki modal yang cukup baik dalam bentuk uang ataupun barang modal. Dalam rangka memenuhi kebutuhan modal, para pengusaha yang belum memiliki aset untuk dijadikan jaminan dapat memilih alternatif pembiayaan melalui mekanisme sewa guna usaha (leasing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian leasing alat berat serta upaya hukum yang dapat dilakukan oleh lessor dalam hal terjadi permasalahan pembayaran angsuran. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode pendekatan yuridis-empiris yang bertitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh langsung melalui penelitian lapangan yang dikaitkan dengan ketentuan hukum yang berlaku. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara terarah terhadap responden yang dipilih penulis dan data sekunder dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan leasing alat berat dapat dilakukan dengan mekanisme direct finance dan sale and lease back. Dalam hal ini kepemilikan atas alat berat yang menjadi objek perjanjian berada ditangan lessor, ditunjukan dengan invoice/faktur yang ditahan selama berlangsungnya perjanjian. Lessor selaku pihak yang dirugikan dapat menempuh upaya penyelesaian sengketa baik secara damai, melalui pengadilan negeri ataupun melalui badan arbitrase apabila terdapat permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian.
Kata kunci : Perjanjian Sewa Guna Usaha, Alat Berat, Wanprestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Sewa Guna Usaha, Alat Berat, Wanprestasi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:11
Last Modified: 26 Oct 2023 03:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item