Search for collections on Undip Repository

KAJIAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG KERETA API BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS) DI INDONESIA_127 Dagang 2023

Kusumaningtyas, Salma Nur and Njatrijani, Rinitami and Mahmudah, Siti (2023) KAJIAN YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG KERETA API BERKEBUTUHAN KHUSUS (DISABILITAS) DI INDONESIA_127 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan akan jasa bagi masyarakat di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Jasa pengangkutan menjadi hal yang terpenting bagi masyarakat terutama bagi disabilitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan mengenai pelayanan jasa transportasi kereta api dan perlindungan hukum dari PT Kereta Api Indonesia terhadap penumpang disabilitas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis empiris Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.Metode analisis data dengan cara kualitatif yang pembahasannya mengenai hasil penelitian dari data yang didapat bukan berupa angka melainkan dalam bentuk uraian yang berisi mengenai analisis. Dari latar belakang yang dikemukakan diatas, maka penulis akan membahas Pengaturan terkait hak disabilitas sebagai konsumen yang sudah diatur di dalam UU Nomor 8 tahun 1999. PT.KAI memiliki kewajiban untuk memenuhi fasilitas khusus diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2007, selain fasilitas khusus terdapat fasilitas pendukung yang harus disediakan sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009. Hak-hak disabilitas secara umum diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2016. Sedangkan spesifikasi dari disabilitas diatur dalam UU Nomor 19 Tahun 2011. Terkait dengan fasilitas yang harus dipenuhi bagi disabilitas diatur dalam PM Nomor 63 Tahun 2019. Bentuk perlindungan hukum terhadap penumpang kereta api disabilitas yaitu wajib dipenuhi hak-haknya terkait dengan keamanan, kenyamanan, kemudahan, kemandirian dan kesetaraan. Apabila hak tersebut tidak dipenuhi maka diberikan perlindungan hukum sesuai dengan Pasal 398 PP Nomor 56 Tahun 2009. Berdasarkan hasil penelitian ini faktanya hak bagi penumpang kereta api disabilitas masih belum terpenuhi secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya ketegasan pemerintah terhadap pengaturan yang sudah dibuat dan kurangnya aksesibilitas bagi penumpang penyandang disabilitas.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Disabilitas, Kereta Api

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Disabilitas, Kereta Api
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:11
Last Modified: 25 Oct 2023 05:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16145

Actions (login required)

View Item View Item