Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Brand Sepatu Lokal Aerostreet)

HABIBIE, Arya Husain (2023) ANALISIS PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING DAN SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Brand Sepatu Lokal Aerostreet). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130221.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130221.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130221.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130221.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130221.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130221.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kebutuhan akan konsumsi sepatu di Indonesia yang sangat besar
menjadikan munculnya banyak brand-brand sepatu baik lokal maupun brand luar
negeri yang beredar di pasar sepatu Indonesia, hal ini menyebabkan persaingan
yang sangat ketat tidak dapat dihindari di bisnis ini. Salah satu strategi yang dapat
dilakukan pelaku di industri sepatu untuk memenangkan persaingan adalah dengan
meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk tersebut yang kemudian akan
meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh co-branding dan social media marketing terhadap keputusan pembelian
dengan peran minat beli sebagai variabel intervening dengan objek penelitian
adalah brand sepatu lokal Aerostreet. Jumlah sampel yang digunakan adalah 133
responden dengan beberapa kriteria yaitu, berdomisili atau sedang berada di
Provinsi Jawa Tengah, merupakan konsumen yang pernah membeli produk sepatu
Aerostreet, dan pengikut atau follower akun Instagram Aerostreet (@aerostreet).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode
analisis Structural Equation Model Partial Least Squares (SEM-PLS) sebagai alat
pengolahan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa co-branding, social media
marketing, serta minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi kepada
Aerostreet dan pelaku industri sejenis dalam upaya mengoptimalkan penerapan cobranding dan social media marketing untuk meningkatkan minat beli dan
keputusan pembelian produk sepatu. Implikasi manajerial pada penelitian ini dibagi
kedalam beberapa variabel. Pada variabel co-branding Aerostreet diharapkan dapat
mempertahankan untuk berkolaborasi dengan second brand yang juga memiliki
merk kuat dan digemari publik. Pada variabel social media marketing perusahaan
diharapkan dapat lebih mengetahui kebutuhan informasi konsumen, salah satunya
dapat dilakukan dengan melakukan survey secara mendalam. Pada variabel minat
beli, perusahaan dapat lebih mendorong konsumen agar mau merekomendasikan
produk sepatu kepada orang lain. Kemudian pada variabel keputusan pembelian,
perusahaan diharapkan lebih aktif mengiklankan produknya baik secara daring
maupun luring agar produk dapat lebih dikenal publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: co-branding, social media marketing, minat beli, keputusan pembelian, sepatu.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:15
Last Modified: 08 Sep 2023 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item