Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-WOM , PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INFORMATION QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOSUMEN TOKOPEDIA

IDROES, Said Pasha Arrafie (2023) PENGARUH E-WOM , PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN INFORMATION QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOSUMEN TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010118130282.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010118130282.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010118130282.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010118130282.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010118130282.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010118130282.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah
mengalami penurunan jumlah kunjungan dari tahun 2018 hingga 2020.
Penurunan ini mencerminkan tantangan dalam mempengaruhi keputusan
pembelian konsumen di platform tersebut. Untuk mengatasi masalah ini,
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh E-WOM (Word of Mouth
Elektronik) dan perceived risk terhadap keputusan pembelian, dengan
Information Quality sebagai variabel intervening, pada konsumen Tokopedia.
Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling
(SEM) dengan melibatkan 200 responden dari kota Jabodetabek. Hipotesis
penelitian didasarkan pada Theory of Reasoned Action.
Hasil analisis menunjukkan bahwa E-WOM memiliki pengaruh positif
terhadap Information Quality, sesuai dengan Theory Reasoned Action yang
menyatakan bahwa sikap positif individu terhadap suatu produk atau layanan
dapat dipengaruhi oleh informasi yang diperoleh dari orang lain. Selain itu,
perceived risk juga memiliki pengaruh positif terhadap Information Quality,
yang menunjukkan bahwa kekhawatiran konsumen terkait risiko dapat
memengaruhi persepsi mereka terhadap kualitas informasi yang diberikan oleh
Tokopedia. Penelitian ini juga menemukan bahwa perceived risk memiliki
pengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, sedangkan E-WOM dan
Information Quality memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Hasil temuan ini memberikan wawasan penting bagi Tokopedia dalam
mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif, termasuk meningkatkan
kualitas informasi yang disediakan kepada konsumen dan mengurangi risiko
yang dirasakan oleh konsumen. Dengan demikian, penelitian ini memberikan
kontribusi untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen di platform
Tokopedia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-WOM,Perceived Risk,Information Quality,Keputusan Pembelian, Theory of Reasoned Action
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:48
Last Modified: 07 Sep 2023 06:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item