Search for collections on Undip Repository

PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN FAKTOR NON KEUANGAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Transportasi, dan Logistik yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021)

Irbah, Rousyan Afkar (2023) PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN FAKTOR NON KEUANGAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Transportasi, dan Logistik yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Rousyan Afkar Irbah.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
COVER_Rousyan Afkar Irbah.pdf - Submitted Version

Download (279kB)
[img] Text
BAB I_Rousyan Afkar Irbah.pdf - Submitted Version

Download (170kB)
[img] Text
DAPUS_Rousyan Afkar Irbah.pdf - Submitted Version

Download (205kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengumpulkan data empiris tentang keterkaitan antara rasio keuangan (profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, aktivitas) dan faktor non-keuangan (opinion shopping, audit client tenure, firm size) yang memengaruhi keputusan auditor untuk mempertahankan opini audit. Perusahaan infrastruktur, transportasi, dan logistik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021 menjadi populasi penelitian ini. Dalam penelitian ini, populasi terdiri dari 69 perusahaan. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel, dan ditemukan 33 sampel penelitian. Teknik penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan, dan data dianalisis menggunakan regresi logistik. SPSS Statistics 29 adalah alat yang digunakan untuk perhitungan dan pemrosesan. Berdasarkan temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa rasio keuangan yang terdiri dari profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan faktor non keuangan yang terdiri dari opinion shopping dan audit client tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Disamping itu, faktor non keuangan yaitu firm size berpengaruh terhadap opini audit going concern.
Kata Kunci: Rasio Keuangan, Faktor Non Keuangan, Opini Audit Going Concern

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rasio Keuangan, Faktor Non Keuangan, Opini Audit Going Concern
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:35
Last Modified: 18 Sep 2023 06:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16107

Actions (login required)

View Item View Item